Benarkah Kekasih bisa Mempengaruhi Selera Makan Kita?

Kompas.com - 11/01/2018, 19:45 WIB
Ilustrasi pasangan makan DragonImagesIlustrasi pasangan makan
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Memiliki kekasih bisa jadi hal yang membahagiakan. Tak hanya mampu mengusir rasa sepi, menjalin asmara ternyata membuat kita banyak menemukan hal baru.

Adanya seorang kekasih membuat kita banyak melakukan berbagai hal yang belum pernah kita lakukan, contohnya, makan di restoran yang belum pernah kita kunjungi atau mendengarkan musik dari band yang asing di telinga kita.

Dengan kata lain, pasangan turut mempengaruhi apa yang kita sukai dan tidak. Seiring berjalannya waktu, selera kita pun akan semakin identik dengan si dia, termasuk selera makan.

Fakta ini telah dibuktikan melalui riset yang diterbitkan dalam The Journal Appetite. Periset  menemukan adanya hubungan antara durasi menjalin asmara dengan pergeseran persepsi chemosensori, yaitu persepsi tentang rasa dan aroma.

Riset membuktikan bahwa selera makanan dan pilihan aroma sepasang kekasih menjadi semakin serupa seiring berjalannya waktu mereka menjalin asmara.

Periset dari Polandia dan Jerman meminta 100 pasangan yang telah menjalin cinta dengan rentang waktu yang bervariasi (berkisar antara 3 bulan sampai 45 tahun) untuk menilai aroma yang berbeda, seperti daging asap, kulit, mawar, dan kayu putih.

Setelah itu, periset meminta pendapat mereka terkait apa yang mereka rasakan melalui indera pengecapnya.

Hasil riset mengungkapkan bahwa semakin lama pasangan bersama, semakin besar kemiripan mereka mengenai selera aroma dan rasa yang mereka sukai.

Fenomena unik ini bisa disebabkan karena setiap pasangan memiliki lingkungan dan kebiasaan yang serupa. Oleh karena itu, selara mereka pun juga semakin identik saat indera penciuman dan perasa diberi rangsangan yang sama.

Uniknya, peneliti juga menemukan fakta bahwa pasangan yang memiliki selera makanan dan aroma yang serupa justru merasa kurang puas dalam hubungan mereka.

Halaman:


Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X