Kompas.com - 17/01/2018, 20:43 WIB
Musisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa (tengah) bersama Program Director EGMS Eric Awuy dan General Manager EGMS Asmoro Jati saat peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraMusisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa (tengah) bersama Program Director EGMS Eric Awuy dan General Manager EGMS Asmoro Jati saat peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).
|
EditorWisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah kamu mendengarkan musik lalu menjadi bersemangat, bergembira, atau merasa damai? Ternyata itu perasaan yang normal karena musik diyakini bisa membawa banyak dampak positif, termasuk pada kesehatan fisik dan mental.

Musisi dan Komposer ternama Erwin Gutawa juga meyakini hal tersebut. Menurutnya, musik merupakan aktivitas yang sangat berkaitan dengan fisik. Secara psikologis, musik bisa membuat seseorang lebih kreatif.

Tak hanya kreatif untuk di bidang musik, namun pada bidang yang lebih luas.

"Mulai dari musik, di bidang lain bisa lebih kreatif. Belajar musik menjadi trigger untuk kreatif atau sukses," ujar Erwin di sela peresmian Erwin Gutawa Music School, Jalan Suryo No. 19, Jakarta Selatan, Rabu (17/1/2018).

Di samping itu, ia juga meyakini musik bisa menimbulkan rasa bahagia. Baik kepada orang yang memainkan musik, yang membuat musik, maupun yang mendengarkan musik.

Baca juga : Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Mengusir Stres?

Mendengarkan musik bisa mengurangi stres. Lebih jauh, musik bahkan digunakan untuk terapi kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang ahli pasti bisa mengatur itu. Musik kan memang bersentuhan sekali dengan keseharian, psikologis. Sama syaraf juga," kata ayah dari penyanyi Gita Gutawa itu.

"Mengatasi stres pasti bisa. Dengan mendengarkan musik yang tepat," sambung dia.

Bermusik juga mempengaruhi kehidupan sosial, terutama jika terlibat secara berkelompok. Bermain musik orkestra, misalnya, juga melatih kedisiplinan.

"Belum lagi kalau masuk ke taraf musik bisa jadi terapi. Tapi saya enggak sampai situ. Itu ada spesialisnya. Buat saya, musik dampaknya selalu positif," tutur Erwin.

Baca juga : Ingin Seks Lebih Indah? Dengarkanlah Musik



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.