Kompas.com - 19/01/2018, 18:00 WIB
Seorang pelanggan dari Xiong Gaowu, pria 62 tahun yang menjalankan praktik pangkas kelopak mata di pinggir jalan Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, China. Foto ini diambil pada 18 November 2017.  REUTERS/Tyrone SiuSeorang pelanggan dari Xiong Gaowu, pria 62 tahun yang menjalankan praktik pangkas kelopak mata di pinggir jalan Kota Chengdu, Provinsi Sichuan, China. Foto ini diambil pada 18 November 2017.
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Kita tentu sudah tak heran jika melihat kegiatan mencukur jenggot, rambut, kumis, bulu kaki, bulu ketiak, atau pun bulu-bulu lain di tubuh.

Tapi, tahukah Kamu bahwa di China ada tukang cukur yang menawarkan jasa "memangkas" kelopak mata?

Ya, bayangkan, pisau cukur yang tajam memangkas dan membersihkan kelopak mata Kamu yang begitu lembut. Jelas ini akan amat mengerikan.

Namun ternyata tidak demikian dengan orang-orang yang menggunakan jasa tukang "cukur" ini.

Baca juga: Lebih Percaya Diri dengan Operasi Pembesaran Kelopak Mata

 

Mereka mengaku matanya terasa lebih baik setelah pencukuran tersebut. Nampaknya, kengerian hanya merundung orang-orang yang menyaksikan prosesi itu. 

Xiong Gaowu, seorang tukang cukur kelopak mata di Chengdu, China, dengan lembut memakai pisau cukur berbentuk lurus dan menyisir alur di sepanjang kelopak mata bagian dalam pelanggannya.

"Kamu harus melakukannya dengan lembut, sangat, sangat lembut," demikian penuturan Xiong kepada Reuters beberapa waktu silam, seperti dikutip laman Indianexpress.

Bukan di klinik tertutup atau pun di gerai khusus. Xiong menawarkan jasanya ini di pinggiran jalan, persis seperti tukang cukur rambut yang mangkal di bawah pohon rindang.

Di China, praktik tradisional ini dikenal dengan nama "pisau pencuci mata".

Mekanisme dari pencukuran ini adalah membuka sumbatan pada kelenjar minyak (sebaceous) hingga memaksimalkan proses pelembapan di sepanjang tepi kelopak mata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X