Kompas.com - 20/09/2017, 20:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kelopak mata yang tidak simetris atau kulit di atasnya berlebih sampai menggantung, bukan hanya membuat penampilan terlihat lelah dan kurang segar, tapi juga bisa mengganggu lapang pandang penglihatan.

Tampilan kelopak mata yang kurang sempurna itu bisa dikoreksi dengan melakukan operasi blepharoplasty. Operasi ini lebih dikenal sebagai tindakan untuk membesarkan kelopak mata pada orang ras oriental yang tidak punya lipatan kelopak mata.

"Target blepharoplasty memang untuk membuat tampilan kelopak mata lebih indah, lebih simetris," kata dr.Yunia Irawati, spesialis mata dari Jakarta Eye Center dalam acara diskusi media di Jakarta (19/9/2017).

Yunia menjelaskan, blepharoplasty yang bertujuan untuk membentuk kelopak mata pada mata yang sipit biasanya dilakukan pada orang berusia 20-an.

"Pada kondisi single eyelid ini dilakukan oleh wanita yang mulai sadar penampilan," ujarnya.

Meski begitu, pembesaran kelopak mata juga bisa dilakukan di usia yang jauh lebih muda, misalnya pada usia balita jika fungsi penglihatan terganggu.

"Terkadang single eye lid membuat posisi bulu mata turun ke bawah dan menggesek bola mata. Akibatnya anak akan sering mengucek-ngucek mata atau mata berair dan merah. Jika dibiarkan kornea mata bisa melukai kornea," katanya.

Sementara itu, blepharoplasty pada orang berusia pertengahan kebanyakan dipicu oleh faktor penuaan sehingga kulit mengendur dan kelopak mata menggantung menutupi tepi kelopak mata atau dalam bahasa medis disebut dermatochalasis.

Keluhan itu kebanyakan dimiliki orang berusia 50-an tahun. "Tetapi pada orang yang memang tidak ada lipatan kelopak mata, dermatochalasis bisa terjadi di usia lebih awal," papar staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Kondisi lain yang bisa dikoreksi dengan operasi ini adalah terbentuknya kantung mata bawah, penebalan otot di kelopak mata bawah atau hilangnya tonus kulit kelopak mata yang membuat mata sering bengkak atau alergi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.