Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciptakan Gaya Baru dengan Pakaian yang Sudah Ada di Lemari

Kompas.com - 25/01/2018, 08:47 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Tahun baru merupakan momen yang tepat untuk memperbaiki diri dan penampilan. Kadang memiliki penampilan baru dianggap sebagai semangat baru.

Tampil stylish sebenarnya tidak mesti membeli banyak pakaian baru, lho. Kita bisa membongkar lagi lemari pakaian kita untuk menciptakan gaya baru dengan barang-barang yang sudah ada. Misalnya memberi sentuhan hiasan pada jaket, memodifikasi dress, hingga mengubah gaya sepatu.

Perubahan kecil saja sebenarnya bisa memberikan dampak yang besar terhadap penampilanmu. Ini dia beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi padu padan:

1. Scarf
Scarf atau kain selendang termasuk item busana yang dimiliki oleh hampir semua orang. Beri sentuhan baru pada penampilanmu dengan mengikatkan scarf di leher, menjadikannya bandana, mengikatkannya di tali tasmu, atau menggunakannya sebagai ikat pinggang. Sesuaikan dengan gaya busana yang sedang kamu pakai.

2. Sematkan jaket pada bahu
Jaket tak hanya bisa dipakai untuk mengusir udara dingin. Memakainya dengan cara menyematkannya pada salah satu bahu yang menimbulkan kesan cuek akan membuatmu lebih stylish, lho!

3. Baju laki-laki
Tidak ada larangan buat perempuan menggunakan pakaian laki-laki, lho. Bahkan kita bisa menampilkan karakter maskulin dan feminin sekaligus secara seimbang. Cobalah menggunakan pakaian milik pacar, suami atau saudara laki-lakimu. Misalnya blazer, kemeja, celana panjang, atau sepatu. Ciptakan gaya barumu sendiri. Beri sentuhan feminin dengan memakai kalung atau high heels.

4. Penuh warna
Jangan takut untuk mulai mengganti pakaian warna-warna netralmu dengan warna-warna yang lebih cerah dan berwarna. Bila kamu belum terlalu pede memakai pakaian berwarna terang, beri sentuhan kecil di handbag, sepatu, atau bagian lainnya.

5. Denim selain celana jeans
Jika selamam ini kamu tak bisa lepas dari celana jeans, coba beri tampilan baru dengan menggunakan bahan denim untuk rok, dress atau jaket denim dengan detail berupa hiasan atau jahitan kecil.

6. Kompak bergaya bersama teman
Sesekali coba mengenakan baju senada dengan temanmu untuk memberikan kesan yang lebih.

IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

7. Gunakan kaos vintage
Di dalam lemari kita pasti ada "harta karun" berupa kaos atau sweater vintage. Padukan dengan rok pensil, celana panjang dan sepatu favoritmu. Pasti akan menghasilkan gaya baru yang keren!

8. Pakai warna senada
Coba lah menggunakan pakaian warna senada dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ini akan memberikan kesan monokrom yang cantik.

9. Masukkan kemeja ke dalam celana
Langkah sederhana ini bakal memberikan sentuhan baru pada cara berpakaianmu. Agar lebih kekinian, satu bagian saja, misalnya hanya sebelah kiri, yang dimasukkan ke dalam celana atau rok.

10. Jeans dengan t-shirt dan sneaker? No!
Jangan melulu memadukan celana jeans dengan sneaker atau t-shirt. Kita bisa meningkatkan level celana jeans menjadi lebih trendi jika dikenakan dengan blus gaya dan alas kaki cantik.

11. Padukan pakaian bermotif
Cobalah lebih berani dalam menggunakan pakaian bermotif (print). Pilih motif favoritmu. Misalnya, memadukan baju bermotif bunga dengan jaket bermotif leopard. Kenapa tidak?

12. Anting
Untuk menambah gaya feminin, pilih anting-anting yang memiliki desain unik. Pasti akan membuat kamu makin gaya!

13. Variasi kaos kaki
Gunakan kaos kaki yabg lebih variatif dan menunjukkannya. Misalnya memilih warna neon terang. Jangan khawatir untuk memadukannya dengan sneaker atau sepatumu yang lain, bahkan high heels.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com