BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Philips

"Working Mom", Sudah Siap Membuat MPASI Sendiri?

Kompas.com - 26/01/2018, 06:53 WIB
Jelang usia anak diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), orangtua harus mempersiapkan banyak hal. Selain ilmu, orangtua juga butuh peralatan yang dapat memudahkan pengerjaannya. Philips AventJelang usia anak diberikan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI), orangtua harus mempersiapkan banyak hal. Selain ilmu, orangtua juga butuh peralatan yang dapat memudahkan pengerjaannya.
|
EditorSri Noviyanti


KOMPAS.com
 –
 Menjadi working mom berarti harus siap dengan berbagai tantangan. Utamanya, urusan-urusan dalam mengurus anak yang biasanya menjadi sekat perbedaan antara mereka dengan ibu penuh waktu di rumah.

Oleh karena itu, saat telah memiliki anak, working mom otomatis punya tantangan untuk dapat menyusui eksklusif.

Kalaupun itu berhasil dilewati, selanjutnya juga ada tantangan untuk memberikan makanan pendamping air susu ibu ( MPASI) yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan si kecil. Nah, persiapan apa yang seharusnya dilakukan?

Cari tahu

Pada dasarnya, ibu bekerja juga bisa membuat dan mengolah MPASI sendiri. Catatannya, segala persiapan harus dilakukan jauh sebelum anak memasuki masa MPASI.

Hal pertama yang harus diketahui adalah kebutuhan bayi. Jangan sampai karena ingin praktis, ibu lupa memperhatikan kecukupan gizi MPASI dengan memilih berbagai macam makanan instan.

Boleh saja sebenarnya menyiapkan menu makanan siap saji, tetapi pastikan bahwa makanan tidak mengandung zat pengawet, monosodium glutamat (MSG), dan bahan lain yang merugikan bayi. 

Bila Memilih makanan instan,  akan sulit untuk memastikan apakah sajian tersebut memenuhi kecukupan gizi bayi. Makanan instan punya standar mencukupi kebutuhan dalam komposisi yang biasa ditulis dalam kemasan. Sayangnya, kebutuhan tiap anak berbeda-beda.

Energi yang dibutuhkan bayi usia 12-24 bulan per hari, misalnya, adalah 550 kkal. Itu terdapat dalam satu mangkuk sayur dan buah potong dengan frekuensi 3-4 kali per hari.
Philips Avent Energi yang dibutuhkan bayi usia 12-24 bulan per hari, misalnya, adalah 550 kkal. Itu terdapat dalam satu mangkuk sayur dan buah potong dengan frekuensi 3-4 kali per hari.

Sudah begitu ada pula kemungkinan-kemungkinan yang dapat merugikan bayi. Antara lain, obesitas, kolesterol tinggi, kekurangan mineral, dan zat besi yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Oleh karenanya, orangtua harus peka menyikapi itu. Tidak ada salahnya membuat dan menyiapkan sendiri MPASI untuk bayi.

Berhitung waktu

Hal kedua yang harus dilakukan adalah menyiasati keterbatasan waktu. Inilah tantangan utama bagi working mom.

Ilustrasi anak sedang menikmati Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).Philips Avent Ilustrasi anak sedang menikmati Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Cobalah mengatur waktu dengan baik. Menu MPASI satu hari, misalnya, sudah harus disiapkan pada pagi hari, sebelum berangkat kerja.

Untuk menghemat waktu, pilih juga resep MPASI yang bahan makanannya sama dengan menu keluarga. Kelebihan pemilihan menu yang sama bertujuan memudahkan orangtua untuk memberikan kebiasaan agar anak tidak pilih-pilih makanan. Penyajiannya pun tak memakan waktu lama karena dapat diolah bersamaan.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya, MPASI dimasak dengan bumbu alami, hindari dulu pemakaian gula dan garam, lalu tambahkan juga ekstra lemak seperti kaldu atau minyak sayur pada makanan untuk membantu penyerapan vitamin A-D-E-K.

Beberapa poin itu tertulis dalam buku "Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun" yang ditulis TigaGenerasi.

Kalaupun kemudahan itu dianggap kurang, terutama dalam penghematan waktu, mungkin orangtua perlu alat yang dapat memudahkan pengerjaannya.

Saat ini, ada banyak alat yang dapat digunakan untuk mengolah menu MPASI dengan mudah. Sayangnya, tak semua bisa menjaga kandungan nutrisi makanan yang diolah.

Salah satu yang bisa dipilih ialah Baby Food Maker Phillips Avent yang terdiri dari dua jenis. Pertama, Combine Steamer Blender SCF870 untuk dua tujuan penggunaan dalam satu alat, yaitu mengukus dan melumatkan.

Kedua, 4-in-1 Healthy Baby Food Maker SCF875 untuk empat fungsi. Selain mengukus dan melumatkan, jenis kedua ini dapat juga menghilangkan bekuan es (de-frost) dan memanaskan.

Dengan fungsi-fungsi itu, kekhawatiran akan ribetnya membuat dan mengolah MPASI tak lagi ada karena sudah dirancang sesuai untuk kebutuhan tersebut. Bobotnya pun tak berat sehingga dapat mudah dibawa saat bepergian.

Kalau segala persiapan, mulai dari ilmu, waktu, bahan pokok, hingga alat sudah disediakan, tak ada lagi alasan untuk working mom gagal menyiapkan MPASI, bukan?

Baca tentang
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya