Kompas.com - 07/02/2018, 13:49 WIB
Ilustrasi insomnia amenic181Ilustrasi insomnia
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tidur yang berkualitas salah satunya ditandai dengan kemampuan tertidur sepanjang malam. Jika kita mudah terbangun, hal itu bukan hanya mengurangi jam tidur, tapi juga seringkali menyebabkan sakit kepala pada keesokan hari.

Selain mimpi buruk, ada penyebab lain yang membuat kita gampang terbangun di malam hari, salah satunya karena beberapa kebiasaan yang tidak disadari.

Menurut praktisi kesehatan Terry Cralle, ada beberapa faktor yang memengaruhi nyenyak tidaknya tidur di malam hari.

1. Tidak menjadwalkan asupan kafein

Kalau kamu termasuk karyawan dengan waktu kerja jam 9-5, pastikan untuk tidak menenggak minuman kafein saat makan siang. Memang, agak terasa sulit, terutama bila kita terbiasa mengandalkan kopi untuk menghalau kantuk. Namun, efek kafein bisa bertahan lebih lama di tubuh, bahkan sampai malam hari.

2. Minum alkohol sebelum tidur

Banyak orang yang merasa minum segelas wine atau pun alkohol dapat membuatnya tidur nyenyak. Padahal, alkohol justru membuat kita gelisah sepanjang malam. Selain itu, kita juga cenderung sulit memejamkan mata kembali ketika terbangun.

Kebanyakan orang akan terjebak dalam siklus minum kafein terlalu banyak di siang hari, kemudian mengonsumsi obat tidur dan alkohol lagi di malam hari untuk mendatangkan rasa kantuk. Kemudian akan kembali terbangun di tengah malam dan esoknya mengantuk saat beraktivitas.

Cobalah mengonsumsi susu hangat atau teh herbal untuk membuat tubuh rileks di malam hari.

3. Kasur yang dipakai

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.