Mengapa Bangun Pagi Menjadikan Kamu Lebih Baik?

Kompas.com - 19/02/2018, 11:06 WIB
Ilustrasi bangun pagi Nattakorn ManeeratIlustrasi bangun pagi
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kalau Kamu termasuk orang-orang pagi—yakni mereka yang memulai hari lebih pagi—maka kamu termasuk orang yang langka, sekaligus beruntung, kenapa?

Sebab, ada banyak bukti yang mengungkapkan kalau kebiasaan bangun pagi hari dapat meningkatkan kualitas hidup.

Berikut beberapa alasan yang didukung fakta ilmiah jika menjadi orang pagi adalah sangat bak.

1. Makan makanan bernutrisi dan seimbang

Saat bangun pagi, satu hal yang tak akan terlewatkan adalah sarapan. Kebiasaan sarapan tak hanya penting mengisi energi, juga bermanfaat untuk penurunan berat badan secara keseluruhan. Selain itu, memberikan nutrisi penting bagi tubuh dan otak.

“Sarapan dengan makanan yang mengandung protein dapat membantu membangun dopamin—neurotransmitter yang membantu mengendalikan pusat kesenangan otak dan menyeimbangkan hormon stres, kortisol,” ungkap ahli gizi Brandon Mentore.

Sayangnya, kalau Kamu tidur larut malam dan bangun di siang hari—sarapan akan terlewat, dan Kamu tak akan mendapatkan benefit besar dari sarapan.

Baca juga : 5 Hal yang Bisa Terjadi Jika Anda Tidak Sarapan

2. Olahraga pagi

Pada pagi hari, tubuh berada dalam kondisi prima untuk bergerak. Artinya, jika Kamu bangun pagi, maka kamu masih sempat berolahraga.

“Tubuh memproduksi lebih banyak testosteron di pagi hari dan tingkat hormon testosteron tinggi dapat membantu perbaikan dan pertumbuhan otot,” kata Robert S. Herbst, seorang pelatih penurunan berat badan dan kesehatan.

Herbst mengatakan bahwa latihan intensitas sedang seperti kardio paling baik dilakukan saat pagi hari. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X