Mau Pakai Kebaya dan Kain Batik? Pahami Pakem dan Larangannya

Kompas.com - 09/03/2018, 18:00 WIB
Komunitas Kebaya, Kopi, dan Buku saat mengajarkan pemakaian kebaya dan kain batik kepada para penyandang disabilitas dan masyarakat yang hadir pada acara Perempuan Disabilitas Mengubah Dunia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (8/3/2018). KOMPAS.com/Nabilla TashandraKomunitas Kebaya, Kopi, dan Buku saat mengajarkan pemakaian kebaya dan kain batik kepada para penyandang disabilitas dan masyarakat yang hadir pada acara Perempuan Disabilitas Mengubah Dunia di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebaya dan kain tradisional seringkali menjadi pilihan busana untuk menghadiri beragam acara resmi. Namun ternyata, memakai kebaya dan kain tak bisa dilakukan dengan "sembarangan".

Ada beberapa pakem, bahkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Salah satu inisiator gerakan "Perempuan Berkebaya", Lia Nathalia menuturkan, pada dasarnya kebaya adalah pakaian dengan kancing di bagian depan.

Sehingga, jika ada kebaya dengan kancing atau penutup di bagian belakang, samping atau variasi lainnya sebetulnya tak bisa disebut kebaya.

"Yang disebut kebaya intinya yang menutup di depan, bukaannya di depan."

"Jadi kalau dibuka di belakang bukan kebaya. Fesyen mungkin, tapi kebaya tidak," ujar Lia saat ditemui dalam sebuah acara di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Kamis (8/3/2018) kemarin.

Baca juga: Sehat Fisik dan Mental Berkat Pakai Kain dan Kebaya Tiap Hari

Untuk datang ke acara resmi, menurut dia, ada beberapa pakem. Salah satu pakem umum adalah cara memakai kain tradisional.

Untuk perempuan, kain harus menutup dari kiri ke kanan. Sementara, untuk laki-laki dari kanan ke kiri.

Meskipun, pada beberapa acara resmi di Yogyakarta dan Solo hal itu berlaku sebaliknya.

Pakem lainnya, misalnya saat berkunjung ke keraton Yogyakarta atau Solo, jangan memakai batik bermotif parang. Sebab, semakin besar ukuran parang, maka kain itu diperuntukkan bagi raja.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X