Kompas.com - 15/03/2018, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Outer, istilah untuk pakaian luaran, belakangan semakin menjadi andalan untuk menunjang penampilan. Ada berbagai bentuk outer mulai dari jaket, blazer, rompi, outer kimono, dan lainnya.

Outer kemudian menjadi item fesyen yang wajib dimiliki jika kamu ingin tampil fashionable.

Fashion stylish Quartini Sari mengatakan bahwa sebuah outer bisa mengubah keseluruhan mood berpakaian seseorang, karenanya busana ini menjadi sangat penting.

"Outer kenapa penting, karena ketika kita pakai outer sudah langsung berubah gayanya. Outer bisa mengubah total seluruh penampilan," ucap Quartini saat ditemui disela peluncuran koleksi busana terbaru Itang Yunasz, di Conclave, Jakarta Selatan, Rabu (15/3/2018).

Quartini mencontohkan setelan kaos dan celana jeans. Ketika dipadukan dengan outer formal, misalnya blazer, maka penampilan bisa berubah total menjadi lebih formal. Jeans pun bisa sedikit tertutup dengan penggunaan blazer tersebut.

Bagi mereka yang memiliki tubuh gemuk dan berisi, memakai outer juga bisa membantu menyamarkan bentuk tubuh dan membuatnya terkesan lebih ramping.

"Kalau orang yang badannya berisi, pakai outer yang warna gelap pasti langsung merampingkan, mengurangi volume tubuhnya," kata dia.

Mengenai padu padan warna dan motif, Quartini menilai penggunaan motif yang bertabrakan tak "haram". Dalam acara peluncuran koleksi terbaru Itang Yunasz tersebut, ia mencontohkan perpaduan busana yang digunakan salah satu patung.

Dress bunga-bunga berwarna biru yang dipadukan dengan outer kotak-kotak biru tanpa lengan dan celana panjang motif serupa.

Sekilas, kedua motif tersebut sudah ramai bahkan jika digunakan sendiri. Namun, karena keduanya memiliki warna senada, maka tabrak warna tetap menarik untuk dilihat.

"Sebenarnya lebih ke warna. Tone warnanya harus sama. Ini (menunjuk patung) kan nabrak. Tapi sama-sama ada birunya," kata Quartini.

Namun, dalam memadupadankan outer dan pakaian, Quartini menyarankan untuk memilih sesuai selera dan tidak sekadar mengikuti tren. Hal terpenting adalah menyesuaikn dengan karakter pribadi.

"Sekarang memang trennya motif. Tapi sesuaikan dengan karaktermu. Karena apapun baju itu, mau tren pun kalo kalau bukan diri sendiri nanti pakainya enggak nyaman. Sesuai saja sama karakternya. Meskipun lagi enggak musim, pakai saja," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.