Di Balik Kelezatan Durian, 6 Fakta Kesehatan Ini Perlu Kita Tengok

Kompas.com - 02/04/2018, 13:15 WIB
Ilustrasi duriantoodlingStudio Ilustrasi durian

KOMPAS.com — Siapa yang tidak kenal buah durian? Ya, buah dengan ciri khas duri yang banyak di bagian kulit luarnya ini tersebar luas di beberapa negara, terutama di Asia Tenggara.

Lewat baunya yang tajam, dari jauh saja seseorang sudah dapat mengenali tanda-tanda adanya buah durian.

Meski demikian, kita sering mendengar nasihat agar jangan kebanyakan makan durian. Benarkah begitu? Bagi pencinta buah dengan nama Latin Durio sp ini, berikut enam fakta kesehatan yang mungkin perlu ketahui, seperti ditulis dan direview oleh dr William dan dr. Yusra Firdaus di laman HelloSehat.

1. Kaya akan nutrisi

Buah durian mengandung bermacam-macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, antara lain vitamin B, C, dan E. Selain itu, durian juga kaya akan mineral, seperti zinc, cuprum, mangan, besi, natrium, magnesium, kalsium, kalium, fosfat, dan lain-lain.

2. Antioksidan yang baik

Selain kaya akan vitamin, durian yang terkenal dengan julukan raja buah-buahan ini juga memiliki efek antioksidan. Antioksidan sendiri berperan penting untuk menangkal radikal bebas, yaitu molekul yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh.

Ya, durian mengandung beberapa zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh, antara lain fenol, flavonoid, dan karotenoid.

Baca juga: 6 Buah yang Memiliki Manfaat Lebih untuk Kesehatan

3. Menjaga kadar lemak

Tidak hanya kaya akan vitamin dan mineral, buah durian ternyata juga memiliki sifat antilipidemik. Artinya, daging buah ini bisa mencegah kenaikan kadar kolesterol serta lemak jahat (LDL) dalam darah.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X