Jangan Remehkan, Ini Bahayanya Sembarangan Pilih Stroller Balita

Kompas.com - 05/04/2018, 11:44 WIB
Contoh stroller Bugaboo. KOMPAS.com/Nabilla TashandraContoh stroller Bugaboo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Stroller atau kereta dorong bayi menjadi salah satu benda yang paling dicari oleh kebanyakan orangtua saat mereka memiliki bayi.

Nah, hal apa yang paling harus diperhatikan orang tua dalam membeli stroller? Dr Lula Kamal menyebutkan, hal terpenting adalah soal kenyamanan dan keamanan bagi anak.

"Sebab di bawah usia enam bulan, anak tidak boleh didudukkan. Karena sebenarnya tulang belakang bayi belum siap untuk didudukkan," kata Lula dalam peluncuran Bugaboo Fox dan Bugaboo We Are Handsome di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/210).

Posisi berbaring anak di bawah enam bulan, kata Lula, harus benar-benar lurus dan tidak boleh tertekuk. Jika posisi berbaring anak terganggu, permasalahan belum tentu terjadi langsung namun saat mereka tumbuh dewasa. Bisa pula muncul pada usia belasan tahun.

"Efeknya tidak sekarang tapi nanti. Termasuk seperti skoliosis, dan lainnya. Kalau enggak parah enggak apa-apa, tapi kalau parah bisa berakibat kepada tinggi badan yang tidak optimal," ucapnya.

Communications Manager Asia Pacific Bugaboo Mark van Tol dan Dokter Lula Kamal (paling kiri ke kanan) dalam peluncuran Bugaboo Fox dan Bugaboo We Are Handsome di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/210). KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Communications Manager Asia Pacific Bugaboo Mark van Tol dan Dokter Lula Kamal (paling kiri ke kanan) dalam peluncuran Bugaboo Fox dan Bugaboo We Are Handsome di Skye Bar & Restaurant, Jakarta Pusat, Rabu (4/4/210).
Salah satu aspek kenyamanan yang harus diperhatikan menurutnya adalah roda stroller. Ia menyarankan untuk mencari stroller dengan roda yang besar karena akan cenderung lebih mantap saat melewati jalanan dalam kondisi apapun.

Senada dengan Lula, Marketing Communications Manager Asia Pacific Bugaboo Mark van Tol menjelaskan, ukuran roda stroller akan terasa perbedaannya saat dibawa ke jalanan yang tidak rata.

Penggunaan stroller dengan roda kecil belum akan terasa kesulitannya jika hanya dibawa berkeliling mall yang memiliki permukaan lantai yang rata. Namun, kereta dorong bayi beroda besar tetap akan terasa nyaman di permukaan apa pun.

Di samping roda, adanya suspensi menurutnya juga tak kalah penting. "Kenapa harus mengecek suspensi? Karena semakin banyak suspensinya akan membut stroller semakin stabil," tutur Mark.

Stroller gaya

Mark mengatakan, para orangtua akan lebih jeli dalam memeriksa fungsi sebuh stroller. Sebab stroller akan digunakan selama setidaknya tiga atau empat tahun.

Hal lain yang juga mereka inginkan adalah apakah stroller mudah dilipat dan bisa dibawa traveling atau masuk ke dalam mobil. Intinya kepraktisan menjadi hal yang utama.

Sementara aspek gaya atau desain stroller menurut Mark tak menjadi pertimbangan utama kebanyakan konsumen.

"Gaya tidak menjadi pertimbangan utama tapi penting juga bagi sebagian dari mereka. Ada juga yang menginginkan stroller yang keren dengan warna yang merepresentasikan diri mereka," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X