Kaum Urban Milenial Senang Berburu Promo Saat Belanja

Kompas.com - 18/04/2018, 21:13 WIB
IlustrasiThinkstock/AntonioGuillem Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat memang semakin percaya dengan transaksi pembelian online. Apalagi, kebanyakan situs dan aplikasi belanja juga gemar memberikan promo atau reward sehingga belanja online semakin menguntungkan.

Co-founder dan CEO Cashbac Mario Gaw menyebutkan, berdasarkan salah satu survei Nielsen, lebih dari setengah masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa bentuk promosi atau reward adalah faktor penting dalam memutuskan dibelinya suatu produk.

Secara umum, saat ini ada tiga tren konsumen, yakni peningkatan pendapatan kaum urban di Indonesia, bertambahnya komposisi penduduk milenial dan pertumbuhan warga kelas menengah.

Hal ini membuat tren belanja masyarakat semakin bertambah. Seiring dengan tren tersebut, kebutuhan mencari promo sebagai bagian dari kegiatan belanja juga dinilai meningkat.

"Reward sudah jadi bagian dari gaya hidup kaum urban," ujar Mario dalam peluncuran Cashbac di Jakarta, Rabu (18/4/2018).

Temuan serupa didapatkan oleh food blogger, Jiewa Vieri. Salah satu indikatornya adalah lewat media sosial Instagram. Jiewa menemukn engagement pengikut (followers) Instagram-nya lebih tinggi saat dirinya mengunggah foto bermuatan informasi promo.

"Kadang perbedaannya bisa 30 sampai 50 persen engagement-nya karena orang Indonesia senang banget dengan diskon," katanya saat diwawancara terpisah.

Jiewa mencontohkan, beberapa followers yang men-tag akun media sosial teman-temannya untuk meneruskan informasi promo tersebut. Sejalan dengan jumlah komentar, jumlah yang menyukai unggahan bernada promo juga meningkat.

Karena respons positif itulah terkadang dirinya dan juga influencer lain bekerjasama dengan produk atau perusahaan untuk menawarkan promo khusus.

"Jadi misal khusus followers kami, dapat promo khusus," kata Jiewa.

Mengincar "cashback"

Mario menjelaskan, pihaknya menemukan bahwa cashback adalah jenis promo yang lebih disukai.

"Kami menemukan survei bahwa tiga dari lima masyarakat lebih suka promo yang jenisnya cashback," kata Mario.

Halaman:



Close Ads X