Kompas.com - 20/04/2018, 12:12 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bayi sudah bisa mendengar dan membedakan semua suara yang ada di sekitarnya sejak masih dalam kandungan.

Tahukah kamu bahwa suara-suara tersebut dapat memengaruhi proses tumbuh kembang janin sampai ketika ia sudah lahir nanti?

Itu sebabnya kita perlu rajin-rajin mengajak bayi bicara sepanjang masa kehamilan. Tidak cuma ibu, ayah pun juga penting untuk terus berkomunikasi dengan calon anaknya.

Menurut University of Maryland Medical Center, bayi sudah dapat mendengar suara dari lingkungan luar sejak usia kehamilan 19 sampai 21 minggu.

Namun, beberapa bayi baru akan bisa menanggapi suara yang ia dengar pada awal minggu ke-24, sementara yang lainnya mulai di antara usia 26-30 minggu.

Sebuah penelitian yang menarik tentang bayi prematur menunjukkan bahwa mereka lebih fokus terhadap suara bernada rendah yang dimiliki oleh ayah daripada suara bernada tinggi khas suara ibu.

Selama ini, peran ayah sedikit lebih dinomorduakan dalam memastikan kesehatan janin. Padahal, para ahli kesehatan dari seluruh dunia menekankan pentingnya bagi para calon ayah agar terus proaktif untuk ikut menjaga tumbuh kembang bayi selama dalam kandungan. Ini bukannya tanpa alasan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Pentingnya Kedekatan Emosional Ayah dan Anak Perempuannya

Semakin banyak penelitian yang membuktikan bahwa peran ayah mengajak bicara bayi ternyata memiliki pengaruh yang jauh lebih besar untuk perkembangan calon buah hatinya.

Mungkin pertama kali akan terasa seperti sedang ngobrol sendiri, tetapi berbicara dengan calon bayi saat mereka masih di dalam kandungan membantu kalian berdua membangun ikatan yang langgeng.

Studi menunjukkan bahwa suara calon ayah yang ia dengar akan terasa menenangkan, baik semenjak masih dalam rahim dan ketika akhirnya bisa bertemu mereka sebagai bayi yang baru lahir.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.