Kurangi Depresi dengan Olahraga dan Berkeringat

Kompas.com - 25/04/2018, 20:26 WIB
Bersepeda. ThinkstockBersepeda.

KOMPAS.com - Stres yang berkepanjangan bisa membuat semangat hidup redup, tidak nafsu makan, hingga merasa tidak berdaya mengontrol mood sedihnya. Kondisi ini memang tidak bisa hilang dengan sekejab, namun olahraga bisa membantu meringankannya.

Menurut anjuran Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris, kita direkomendasikan beraktivitas fisik selama 150 menit dalam sepekan. 

Tidak perlu yanag terlalu berat, cukup melakukan jalan cepat, naik tangga, bersepeda atau berkebun. 

Dikutip dari New York Post, para peneliti mengatakan, aktivitas fisik tersebut dapat mengurangi stres dan inflamasi, di mana keduanya terkait dengan depresi.

Bahkan, kesehatan mental pun dipengaruhi kesehatan fisik. Temuan terakhir tersebut berasal dari analisis studi di seluruh dunia.

“Analisis kuat kami terhadap lebih dari seperempat juta orang menemukan bukti yang konsisten, orang yang lebih aktif, risiko depresinya cenderung menurun,” kata Brendon Stubbs.

Brendon adalah fisioterapis di South London and Maudsley NHS Foundation Trust.

Dia melanjutkan, jika konsisten mengikuti anjuran tersebut, maka risiko penurunan cukup signifikan.

Penurunan tersebut berkisar 31 persen dibanding orang yang tidak melakukan sama sekali. Karena itu, jika berniat mencegah depresi, lebih baik melakukan aktivitas fisik. 

Bahkan, semakin sering dilakukan, maka semakin baik.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X