Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Jejak Kehidupan Yayoi Kusama di Museum Macan

Kompas.com - 09/05/2018, 20:20 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa tak mengenal Museum Macan? Museum di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini dalam beberapa waktu terakhir menjadi perbincangan di media sosial.

Tak hanya oleh penikmat seni namun juga masyarakat, terutama anak muda yang ingin sekadar berfoto bersama karya-karya seni nan unik dan 'Instagramable'.

Para pengunjung mulai dari 12 Mei hingga 9 September 2019 dapat menyaksikan karya seniman kontemporer asal Jepang, Yayoi Kusama 'Life Is The Heart of A Rainbow'.

Yayoi merupakan seorang seniman yang dikenal dengan karya-karya yang minimalis namun memiliki kesan mendalam.

Yayoi yang identik dengan motif polkadot dan labu itu dahulu kerap mengalami serangan panik dan halusinasi terus menerus, yang pada akhirnya justru mengantarkannya menjadi legenda seni avant garde.

Seorang pengunjung tengah berfoto di salah satu instalasi karya seniman Yayoi Kusama di Museum Macan, Selasa (8/5/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Seorang pengunjung tengah berfoto di salah satu instalasi karya seniman Yayoi Kusama di Museum Macan, Selasa (8/5/2018).
Saat masuk ke pelataran Museum Macan, kita bisa melihat bola-bola kuning besar dengan pola polkadot, pola yang sangat identik dengan karya Yayoi. Karya yang akan menyapa kita pertama kali itu bertajuk 'Dots Obsession'.

Sebelum masuk ke dalam ruang pameran, pengunjung juga bisa berfoto di dalam bola-bola raksasa tersebut.

Di sana kita bisa merasakan sensasi berada dalam bola besar dengan pola polkadot di seluruh sisi ruangan yang juga direfleksikan pada cermin.

Sebanyak 130 karya yang dihasilkan Yayoi selama 70 tahun karirnya dipamerkan di sana.

Hal ini merupakan sebuah pengalaman langka yang bisa didapatkan para pecinta seni.

"Ini pertama kalinya pameran Yayoi Kusama diadakan di Indonesia. Yayoi merupakan seniman penting di abad 21 ini," ucap Founder Museum Macan, Haryanto Adikoesoemo dalam pembukaan pameran, Selasa (8/5/2018) malam.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf saat berfoto di salah satu instalasi karya seniman Yayoi Kusama di Museum Macan, Selasa (8/5/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf saat berfoto di salah satu instalasi karya seniman Yayoi Kusama di Museum Macan, Selasa (8/5/2018).
Pada area utama museum yang terbentang seluas sekitar 2.300 meter persegi itu, kita bisa melihat beragam karya Yayoi dan mengabadikannya.

Sebut saja 'Narcissus Garden' dengan bola-bola stainless yang bertebaran di lantai galeri, 'I Want to Love on a Festival Night', 'My Eternal Soul', 'Pollen', hingga 'The Spirits of the Pumpkins Descended into the Heavens', sebuah ruangan penuh dengan pola labu yang sangat artistik.

Ada pula satu karya yang menjadi salah satu tujuan favorit pengunjung, 'Brilliance of the Souls'. Sebuah ruangan dengan bola-bola kecil berwarna-warni yang menyala dan cermin di empat sisi. Membuat seolah kita tengah berada dalam ruangan yang luas tanpa batas.

Karya-karya Yayoi yang khas rupanya memang membuat para pecinta seni jatuh cinta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com