Kompas.com - 14/05/2018, 15:32 WIB
Ilustrasi anak memeluk ibu John HowardIlustrasi anak memeluk ibu
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Rentetan aksi terorisme yang terjadi dalam beberapa hari terakhir tentu menimbulkan rasa cemas dan takut, termasuk pada anak yang tak luput dari paparan berita dari media. 

Sebagai orangtua kita tentu harus melindungi anak dari dampak negatif pemberitaan tersebut. Apalagi dalam beberapa hari ke depan masih banyak orang yang akan membahasnya. 

“Anak memang tidak disarankan nonton berita langsung dari televisi, apalagi yang menampilkan grafis atau video aksi kekerasan,” kata psikolog Anastasia Satriyo M.Psi saat dihubungi Kompas.com (14/5).

Ia mengatakan, paparan berita tersebut berdampak negatif pada otak dan juga mental. 

Menurut Anastasia, yang menjadi masalah adalah jika kita sebagai orangtua sudah membatasi, tapi ada orang dewasa lain di rumah yang tidak memahami efek negatif pemberitaan aksi terorisme pada anak. 

Meski anak belum sepenuhnya paham pada aksi terorisme, tapi berbagai informasi tersebut bisa membangkitkan rasa ingin tahu anak.  Apalagi anak memandang lingkungan secara hitam putih. Bisa jadi mereka akan cemas dan takut. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ajak anak ngobrol, sebelum menjawab pertanyaannya, cari tahu dulu apa saja informasi yang sudah ia dengar dan bagaimana pemahamannya,” kata psikolog dari lembaga psikologi Tiga Generasi ini.

Anastasia menyarankan agar orangtua menjawab pertanyaan anak secara netral, sesuai dengan tahapan perkembangan anak. 

“Misalnya kalau anak bertanya alasan mengapa teroris melakukan aksinya, bisa kita jawab ‘karena mereka berpikir tindakan itu bisa membuat mereka mendapatkan apa yang diinginkan’, “ katanya. 

Baca juga: Mencegah Efek Negatif Berita Serangan Terorisme pada Anak

Pada anak usia sekolah, kita bisa memberi penjelasan sesuai dengan pelajaran yang didapatnya di sekolah. Misalnya tentang persatuan, bela negara, dan sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.