Kompas.com - 22/06/2018, 10:00 WIB
Syal menjadi salah satu aksesori yang cocok dipakai ke kantor Thinkstock.comSyal menjadi salah satu aksesori yang cocok dipakai ke kantor

KOMPAS.com - Tersenyum adalah cara sederhana membuat penampilan kita terlihat menarik dengan sekejap, apalagi saat difoto.

Yang menarik, menurut sebuah studi, menggunakan ekspresi senyum dengan mulut terbuka pada foto identitas dapat mencegah penipuan identitas.

Para peneliti dari University of York, Inggris menunjukkan bahwa mencocokkan wajah yang tidak dikenal adalah hal yang sulit. Hal ini bisa menjadi masalah bagi petugas imigrasi saat memeriksa dokumen.

Berbeda halnya ketika foto dalam dokumen itu menunjukkan ekspresi senyum.

Menurut ketua studi, Dr Mila Mileva, penipuan identitas adalah masalah nyata. "Foto dalam tanda identitas adalah bagian penting dalam hidup kita, namun otak manusia sering kesulitan  mencocokan foto dengan orang yang sebenarnya," katanya.

Baca juga: Senyum Mampu Cerminkan Karakter Seseorang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam penelitian yang dilakukannya, Mileva dan timnya meminta 40 relawan mencocokan 60 foto orang yang tidak mereka kenal.

Ada dua ekspresi foto yang harus mereka analisa, yakni menggunakan eskpresi wajah netral dengan senyum mulut terbuka, dan ekspresi netral dengan senyum mulut tertutup.

Sekitar 34 peserta juga diminta untuk mencocokan gambar, di mana hanya bagian bawah wajah yang terlihat.

Analisis hasil menemukan peningkatan sekitar 9 persen dalam identifikasi foto yang tersenyum pada dua gambar dari orang yang sama.

Sementara itu, terjadi peningkatan sebesar tujuh persen ketika membandingkan gambar dari dua orang yang berbeda, tetapi mirip.

Hasil studi ini menyimpulkan, jika kita memakai ekspresi tersenyum saat difoto untuk identitas, petugas akan lebih mudah mencocokkannya dibanding jika hanya ekspresi netral.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.