Kompas.com - 06/07/2018, 08:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Perokok aktif atau pun pasif lebih rentan mengalami gangguan kesehatan karena paparan radikal bebas dari asap rokok.

Itu sebabnya kebutuhan harian vitamin C mereka lebih tinggi.

Menurut dr.Marya Haryono Sp.GK, bila kebutuhan vitamin C harian orang dewasa rata-rata 70-90 mg, maka perokok butuh tambahan sekitar 35 mg lagi.

"Karena paparan radikal bebasnya sangat tinggi dan juga risiko inflamasi sehingga perlu tambahan vitamin C," kata Marya dalam acara peluncuran Oronamin C di Jakarta (5/7).

Selain itu, menurut Marya, cadangan antioksidan di dalam tubuh perokok selalu terpakai terus sehingga perlu tambahan dari luar.

Baca juga: Antioksidan Bentengi Tubuh dari Penuaan Dini

Ia menambahkan, kebutuhan vitamin C orang yang tinggal di perkotaan harus dipenuhi karena berbagai tantangan yang dihadapi.

"Setiap hari kita terkena polusi, termasuk asap rokok, stres, dan pola makannya tidak sehat. Kita butuh antioksidan yang didapatkan dari vitamin C," katanya.

Kebutuhan vitamin C bisa kita dapatkan dari mengonsumsi sayur dan buah 5 porsi dalam sehari. Kita juga bisa mengonsumsi suplemen khusus untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.