Kompas.com - 03/08/2018, 06:06 WIB
Mendengarkan musik Ivanko_BrnjakovicMendengarkan musik
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dari kita kecil, saat masih bayi bahkan, kita sudah diperkenalkan dengan berbagai jenis atau genre musik. Mungkin tidak sebanyak sekarang, tapi setidaknya dari kecil banyak dari kita sudah kenalan dengan musik.

Kamu pasti setuju kalau mendengarkan musik bisa mempengaruhi mood dan lebih mewarnai hari-hari saat beraktivitas, baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, atau tempat hangout, mungkin.

Apalagi sekarang sudah semakin mudah kita mendengarkan musik atau menonton festival musik, karena perkembangan teknologi sudah memungkinkan kita untuk mendengarkan musik lewat berbagai gadget di mana pun kita berada.

Para ilmuwan dari University of Missouri menemukan bahwa benar adanya musik mempengaruhi mood orang-orang yang mendengarkannya.

Baca juga: Menurut Studi, Nonton Konser Musik Tiap Dua Minggu Bikin Bahagia

“Hasil penelitian kami mendukung apa yang banyak orang telah lakukan: mendengarkan musik untuk meningkatkan mood mereka,” tulis pimpinan ilmuwan dan penulis Yuna Ferguson dalam rilis pers seperti dikutip dari HealthLine.com.

Berdasarkan riset yang dilakukan Ferguson, yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, orang-orang bisa lebih sukses meningkatkan mood mereka dan meningkatkan keseluruhan kebahagiaan mereka hanya dalam 2 minggu, dengan cara mendengarkan musik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studinya, peserta penelitian diminta mendengarkan musik untuk memperbaiki mood mereka, tapi ini hanya berhasil ketika mereka mendengarkan musik dengan beat cepat dari Copeland, dan kurang berhasil dengan musik yang sedikit mellow dari Stravinsky.

Peserta lainnya, yang diminta mendengarkan musik tanpa tujuan mengubah mood, tidak melaporkan peningkatan kebahagiaan.

Baca juga: Mengapa Mendengarkan Musik Bisa Mengusir Stres?

“Orang-orang bisa lebih fokus menikmati pengalaman mereka dalam perjalanan menuju kebahagiaan, dan tidak terpaku pada tujuannya,” ujar Ferguson.

15 genre musik yang bisa mempengaruhi mood

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.