Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Efek Berbagai Genre Musik Terhadap Mood Kita

KOMPAS.com - Dari kita kecil, saat masih bayi bahkan, kita sudah diperkenalkan dengan berbagai jenis atau genre musik. Mungkin tidak sebanyak sekarang, tapi setidaknya dari kecil banyak dari kita sudah kenalan dengan musik.

Kamu pasti setuju kalau mendengarkan musik bisa mempengaruhi mood dan lebih mewarnai hari-hari saat beraktivitas, baik di rumah, sekolah, kampus, kantor, atau tempat hangout, mungkin.

Apalagi sekarang sudah semakin mudah kita mendengarkan musik atau menonton festival musik, karena perkembangan teknologi sudah memungkinkan kita untuk mendengarkan musik lewat berbagai gadget di mana pun kita berada.

Para ilmuwan dari University of Missouri menemukan bahwa benar adanya musik mempengaruhi mood orang-orang yang mendengarkannya.

“Hasil penelitian kami mendukung apa yang banyak orang telah lakukan: mendengarkan musik untuk meningkatkan mood mereka,” tulis pimpinan ilmuwan dan penulis Yuna Ferguson dalam rilis pers seperti dikutip dari HealthLine.com.

Berdasarkan riset yang dilakukan Ferguson, yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, orang-orang bisa lebih sukses meningkatkan mood mereka dan meningkatkan keseluruhan kebahagiaan mereka hanya dalam 2 minggu, dengan cara mendengarkan musik.

Dalam studinya, peserta penelitian diminta mendengarkan musik untuk memperbaiki mood mereka, tapi ini hanya berhasil ketika mereka mendengarkan musik dengan beat cepat dari Copeland, dan kurang berhasil dengan musik yang sedikit mellow dari Stravinsky.

Peserta lainnya, yang diminta mendengarkan musik tanpa tujuan mengubah mood, tidak melaporkan peningkatan kebahagiaan.

“Orang-orang bisa lebih fokus menikmati pengalaman mereka dalam perjalanan menuju kebahagiaan, dan tidak terpaku pada tujuannya,” ujar Ferguson.

Meningkatnya dopamin di dalam otak yang merespon musik membuktikan bahwa manusia mendapatkan kesenangan setelah mendengarkan musik.

Ada 15 genre atau jenis musik yang bisa kita dengarkan dan semuanya akan mempengaruhi mood.

Tergantung seperti apa kondisi atau mood yang kamu rasakan sekarang, tapi ketika mendengarkan semua genre tersebut atau beberapa di antaranya saja, mood akan jadi lebih pas. Selamat mencoba!

Blues

Jika merasa sedikit gugup atau gelisah, mendengarkan musik blues sepertinya bisa membantu. Ritme musikn blues bisa sedikit memperlambat detak jantung dan membuat perasaan tenang.

Rock & punk

Musik satu ini memang enerjik dan bisa mendorong tingkat mood. Jika kamu menikmati musik rock dan punk, adrenalin dan dorongan energi akan jauh meningkat. Rasanya membuat ingin mengangguk dan berjingkrak-jingkrak!

Reggae

Genre atau jenis musik satu ini cocok bagi yang emosinya sering meledak-ledak. Reggae adalah salah satu genre musik yang bisa menenangkan.

Beberapa orang bilang genre reggae memiliki ritme musik yang menyehatkan untuk jantung manusia, khususnya ketika mendengarkannya saat beristirahat.

Pop/rock mainstream

Mendengarkan musik yang mainstream di pasaran, seperti di TV, radio, internet, baik itu pop atau rock bisa membantu mendapat semangat ketika ingin berolahraga tapi merasa malas melakukannya.

Tempo yang menenangkan dan ritme yang mudah dicerna (termasuk liriknya) membuat detak jantung normal dan nafas konsisten.

Lagu cinta klasik

Mendengarkan lagu ini memang cocoknya ketika lagi senang-senangnya baru mendapatkan pasangan. Tapi kalau baru putus? Sebaiknya jangan dengarkan lagu-lagu romantis. Kalau kamu menonton Bridget Jones’ Diary dan ingat bagian lagu All By Myself, jangan lakukan hal yang sama!

Dance

Lagu bergenre dance akan membuat kita merasa lebih baik dengan cepat. Tempo yang cepat dan tingginya tingkat energi yang dimiliki akan membuat tubuh bergoyang.

Musik klasik

Genre musik ini bisa meningkatkan mood seseorang sekaligus menenangkan.

Musik jenis ini juga disebut bisa mempengaruhi tingkat kemampuan otak, oleh karena itulah musik klasik sering digunakan di sekolah dan juga di rumah sakit. Selain itu, lagu klasik juga bisa membuat kita tidur lebih baik di malam hari.

Rap & hip-hop

Jenis musik satu ini bisa mengubah mood dalam beberapa cara tergantung dari lirik lagunya, tempo musiknya, dan keseluruhan pesan yang terkandung dalam lagunya sendiri.

Lagu rap sering membawa pesan tentang kemarahan, keangkuhan, dan kekerasan, tapi beberapa orang mengatakan bahwa rap membuat mereka rileks.

Mungkin hindari ‘gangsta rap’ dan pilih sesuatu dengan lirik lebih masuk akal dan mudah dimengerti, sekaligus lebih baik.

Heavy metal

Lirik dan melodi yang agresif bisa mempengaruhi kita dengan efek tertentu pada mood, bisa berupa pemberontakan, bisa juga semangat.

Sama seperti rap dan hip hop, setiap orang berbeda dan beberapa orang mungkin berpendapat bahwa orang-orang yang mendengarkan musik heavy metal memiliki harga diri yang lebih tinggi.

Country

Musik country berhubungan dengan depresi dan bahkan bunuh diri. Jika kamu sedang depresi atau down jangan dengarkan jenis musik ini karena akan membuat kamu merasa makin kesepian.

New Age

New Age lebih banyak diisi dengan instrumen dan berbagai macam suara. Menggunakan genre musik ini membawa kepada ketenangan dan tepat untuk meditasi dan relaksasi.

Broadway

Mendengarkan lagu-lagu dari soundtrack teater dan musikal bisa sangat memotivasi. Musik ini memberikan inspirasi dan kepekaan soal kreativitas.

Latino

Musik latin bersifat mendorong energi. Baik itu hari yang berat di kantor atau saat sedang benar-benar kelelahan, musik latin bisa mempengaruhi jadi lebih semangat, merasa sexy atau macho, sekaligus menghilangkan gejala-gejala kelelahan!

Disco

Sepelan apapun genre musik ini dimainkan, musik disko dari tahun ke tahun bisa membuat kita terbawa suasana dan bersiap memulai hari baru yang lebih baik. Jangan lupa berjoget asyik ketika mendengarkannya!

Meditasi

Mungkin yang termasuk dalam genre musik satu ini adalah lagu-lagu yang bernuansa menenangkan, seperti lagu-lagu akustik atau folk.

Dengan mendengarkan lagu yang seakan membuat “bermeditasi” ini, kita bisa mengurangi tingkat stres dan kegelisahan ketika meningkatkan rasa tenang dan relaksasi.

https://lifestyle.kompas.com/read/2018/08/03/060600020/efek-berbagai-genre-musik-terhadap-mood-kita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke