Tak Semua Wanita Cocok Pakai Gaya Riasan Korea - Kompas.com

Tak Semua Wanita Cocok Pakai Gaya Riasan Korea

Kompas.com - 10/08/2018, 20:31 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Makeup para bintang Korea Selatan masih menjadi kiblat bagi para penggemar dunia kecantikan. Sebut saja gaya lipstik ombre atau makeup natural yang kini banyak diikuti.

Menurut Makeup Artist Lizzie Parra, ada perbedaan mendasar antara gaya riasan Korea Selatan dengan negara  Barat.

"Style makeup Korea lebih complicated dalam segi skin care. Berbeda dengan Barat yang lebih complicated di makeup, seperti ada contouring, blush on dalam-luar, bulu mata atas-bawah," kata Lizzie pada peluncuran gerai lini kosmetik Moonshot di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (10/8/2018).

Inti dari gaya makeup Korea, kata Lizzie, adalah kulit wajah yang bagus sehingga makeup akan mudah diaplikasikan.

Itulah mengapa pada video tutorial makeup, semua wanita Korea memiliki wajah yang cantik alami dan kulit yang bersinar.

Semua jenis kulit menurutnya bisa mengadaptasi gaya makeup Korea. Hanya saja gaya tersebut cenderung lebih cocok dengan mereka yang memiliki fitur wajah oriental.

"Banyak temenku mukanya enggak oriental tapi pakai makeup (ala) Korea. Jatuhnya kayak healthy glowing skin saja, tapi mukanya enggak kaya Korean," kata pemilik lini kosmetik By Lizzie Parra (BLP beauty) itu.

Baca juga: Beda Gaya Make Up Meghan Markle dengan Kate dan Diana

Di samping itu, Lizzie menilai makeup ala Korea lebih cocok pada mereka yang memiliki kulit kering ke normal, tidak bagi pemilik kulit berminyak.

Sebab, Korea dikenal dengan makeup glowing sementara pemilik kulit berminyak cenderung membutuhkan produk yang bersifat matte atau memakai bedak untuk meminimalisasi tampilan kulit berminyaknya.

Selain itu, makeup Korea seringkali menggunakan shimmer atau glitter. Dua produk tersebut menurut Lizzie akan membuat wajah pemilik kulit berminyak menjadi tampak lebih berminyak.

"Jadi kalau jenis kulit yang paling cocok adalah kering ke normal," tuturnya.

Makeup artist Lizzie Parra ketika mendemonatrasikan makeup pada peluncuran gerai Moonshot di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (10/8/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Makeup artist Lizzie Parra ketika mendemonatrasikan makeup pada peluncuran gerai Moonshot di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (10/8/2018).
Lizzie menambahkan, makeup Korea cenderung fokus pada bagian mata, dengan alis lurus dan eyeliner yang agak ke bawah.

Baca juga: Menjajal Produk Kosmetik YG Entertainment di Jakarta

Sementara untuk warna cenderung pada terracota, orange, burgundy, merah, atau merah muda.

"Mereka juga suka glitter, shimmer yang sparkling. Jadi aku di Korea susah banget cari eyeshadow chrome. Bahkan highlighter pun glitter karena mereka sangat suka glowing," kata dia.

Untuk riasan bibir, gaya ombre sempat menjadi tren dalam beberapa waktu ke belakang.

Lizzie menjelaskan, gaya ombre pada dasarnya adalah membuat gradasi warna muda ke tua, atau sebaliknya. Untuk menciptakan gaya lipstik ombre kita harus memiliki lipstik warna tua dan muda.

"Persiapkan warna lipstik tua dan muda. Kalau warnanya apa saja bisa dicampur asalkan produknya blendable," tuturnya

Namun, warna lipstik Korea menurutnya mulai bergeser dari penggunaan liptint kepada lipstik warna bold.

"Dua tahun lalu ke Korea kayaknya cuma aku yang pakai lipstik ungu. Semua pakai liptint. Sekarang sudah banyak brand Korea yang keluarin lipstik ungu. Memang sekarang trennya bergeser sudah cenderung warna bold," ujar Lizzie.

Baca juga: Karena Skincare adalah Investasi...


Komentar

Terkini Lainnya

Close Ads X