Kompas.com - 11/08/2018, 08:00 WIB
Peluncuran aplikasi Teman Diabetes di Jakarta (10/8). KOMPAS.com/Lusia Kus AnnaPeluncuran aplikasi Teman Diabetes di Jakarta (10/8).

KOMPAS.com - Mengontrol kadar gula darah menjadi salah satu pilar dalam pengelolaan penyakit diabetes. Hal itu kini bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi di gawai.

Aplikasi Teman Diabetes yang diluncurkan pada 6 Agustus 2018 ini dibuat agar penyandang diabetes (diabetasi) bisa mengontrol kondisi penyakitnya secara mandiri.

Co-founder Teman Diabetes, Robyn Soetikno, menjelaskan, dari survei yang dilakukan Teman Diabetes kepada 220 orang, ternyata masih banyak yang malas melakukan pengukuran kadar gula darah.

"Hanya 14,3 persen responden yang mengukur gula darah setiap hari, padahal seharusnya 7 kali dalam sehari. Selain itu, baru 28,6 persen yang berkonsultasi ke dokter setahun sekali, padahal anjurannya tiga bulan sekali," kata Robyn.

Melalui aplikasi Teman Diabetes, diabetesi bisa melakukan pengecekan dan mendapat informasi yang benar seputar penyakitnya, bahkan mengukur gula darahnya di ponsel.

Pengukuran gula darah dilakukan lewat D-Nurse atau mobile blood glucometer yang bisa kita beli di apotek dan terkoneksi secara eksklusif dengan aplikasi ini.

Informasi kadar gula darah juga bisa disajikan dalam bentuk grafis.

"Semua fitur bisa diakses oleh keluarga dan tenaga medis yang dipilih," katanya dalam acara peluncuran di Jakarta (10/8).

Baca juga: Ada 5 Komplikasi Diabetes, Sudah Tahu Semua?

Robyn mengatakan, Teman Diabetes tersedia dalam tiga versi, yaitu bagi penyandang diabetes, inner circle (orang terdekat diabetesi), dan ahli medis.

Menurut Robyn, fitur utama dari aplikasi ini berupa deteksi, informasi dan dukungan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X