Kompas.com - 11/08/2018, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Belanja pakaian secara online kini menjadi pilihan favorit generasi milenial demi tampil modis.

Namun ada tren di mana orang membeli pakaian hanya untuk tampil di instagram. Mereka akan mengembalikannya sehari kemudian, tepat setelah memasang foto di instagram.

Jadi, mereka melakukan pembelian hanya demi postingan agar dianggap keren di dunia maya.

Kita pasti sering menemui unggahan bertema 'outfit of the day' atau 'busana hari ini' di instagram yang biasanya diunggah dengan tagar #OOTD. Nah, demi itulah orang-orang numpang tampil di instagram dengan pakaian yang sebenarnya tidak jadi mereka beli.

Priset dari Barclaycard, perusahaan penyedia layanan kartu kredit dari Inggris, menemukan hampir satu dari 10 pembeli Inggris membeli pakaian secara online hanya untuk tampil di media sosial dan kemudian mengembalikan lagi apa yang mereka beli.

Periset juga menemukan pelanggan terbesar yang melakukan hal tersebut berasal dari kelompok usia 35 hingga 44 tahun, baik pria dan wanita.

Hasil riset juga mendapati sebesar 17 persen pelanggan menyesal usai berbelanja hanya untuk postingan instagram bertagar #OOTD, sebuah tagar yang berisi lebih dari 199.466.186 postingan di instagram.

Menariknya, periset menemukan pria cenderung berbelanja dan mengembalikannya apa yang dibelanjakannya karena mereka lebih 'sadar media sosial' daripada wanita.

Sebesar 12 persen pria mengaku memposting pakaian atau aksesoris di media sosial dan mengembalikannya ke pengecer setelahnya.

Hanya demi tampil modis di media sosial, satu dari 10 pria merasa malu jika seorang teman melihat mereka mengenakan pakaian yang sama dua kali. Sementara itu, hanya tujuh persen wanita yang merasakan hal yang sama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.