Kompas.com - 16/08/2018, 20:45 WIB
Bunga Immortelle SvetlanaParshBunga Immortelle
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Di lereng bukit-bukit sebelah tenggara Corsica, menghadap Laut Mediterania, orang akan menjumpai hamparan bunga-bunga berwarna kuning cerah pada awal musim panas. Bunga-bunga dengan aroma kuat seperti madu ini dikenal sebagai tanaman Immortelle.

Uniknya, bunga-bunga ini warnanya akan tetap kuning walau sudah kering, seolah tidak menjadi tua. Karenanya ia juga dikenal dengan nama everlasting alias abadi. Dalam bahasa latin, ia disebut Helichrysum italicum, dari kata "helios" atau matahari, dan "chrysos" atau emas.

Sudah sejak lama bunga ini diyakini memiliki khasiat khusus. Dalam karya sastra Yunani karangan Homer, bahkan disebutkan Nausicaa menyelamatkan Odysseus dari kapal karam, lalu membalur tubuhnya dengan bunga immortelle sebagai obat awet muda.

Secara tradisional, bunga Immortelle memang dikenal memiliki kemampuan menyembuhkan. Orang-orang Corsica juga menganggapnya memiliki kemampuan spiritual, yaitu mampu menyingkirkan halangan, menyembuhkan kenangan traumatis, sekaligus menyembuhkan luka dan menjaga kulit awet muda.

Nah, dengan nama dan kepopuleran seperti itu, bagaimana mungkin bunga Immortelle tidak berkaitan dengan kecantikan?

Adalah Olivier Baussan, pendiri L’Occitane, yang tak sengaja menemukan kearifan lokal tersebut. Saat berkunjung ke Corsica tahun 2001, ia bertemu seorang penyuling yang menggunakan minyak bunga immortelle untuk merawat luka bakar.

Baussan yang penasaran dengan manfaat bunga itu untuk menyembuhkan kulit kemudian membawa pulang beberapa tanaman guna dipelajari di Provence. Di sanalah ia menemukan zat anti-aging dalam Immortelle yang bisa digunakan dalam industri perawatan tubuh.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut penelitian L'Occitane, kandungan aktif dalam bunga Immortelle bisa menghaluskan kulit dan mengurangi kerutan. Immortelle juga memicu produksi kolagen yang memperbaiki lapisan kulit sehingga lebih kenyal, serta mendorong sirkulasi mikro yang merangsang perbaikan sel sekaligus melindungi kulit dari radikal bebas dan menjadikan kulit tampak lebih muda.

Karena manfaat itu, L'Occitane menggunakan bunga immortelle dalam produknya. Ada beberapa rangkaian produk yang menggunakan bunga abadi ini, antara lain Immortelle Divine yang merupakan rangkaian produk anti aging untuk melawan semua tanda penuaan kulit dan menjaga agar kulit selalu sehat dan tampak muda.

Reset Immortelle LOccitanePetr Krejci Reset Immortelle LOccitane
Untuk melengkapi produk anti aging di atas, L'Occitane akan segera menambahkan produk baru yang memanfaatkan khasiat anti aging bunga kuning ini, yakni Immortelle Reset yang merupakan pre-serum.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X