Kompas.com - 24/09/2018, 09:10 WIB
Ilustrasi komedo Björn ForeniusIlustrasi komedo
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Banyak orang memiliki blackhead alias komedo hitam di wajah. Sebuah jenis jerawat yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori wajah.

Dr Dennis Gross, Dermatolog asal Manhattan sekaligus pendiri Dr Dennis Gross Skincare menjelaskan, ketika sel kulit mati atau kotoran lainnya keluar melalui pori-pori, mereka akan bercampur dengan minyak wajah sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat.

Namun, tidak seperti whitehead atau komedo putih yang muncul dengan kulit di atas pori-pori masih dalam keadaan tertutup, kulit di atas komedo hitam terbuka.

Hal ini dikarenakan minyak yang bercampur dengan air teroksidasi dan berubah menjadi hitam.

Komedo hitam biasa muncul di area seperti hidung, dagu dan dahi. Namun, komedo hitam bisa juga muncul di area lain, seperti punggung atau dada.

Ada berbagai penyebab munculnya komedo hitam. Mulai dari penggunaan handuk kotor hingga penggunaan produk perawatan kulit tertentu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Mudah Singkirkan Komedo dari Wajah

Mereka yang memiliki komedo hitam di wajah dianjurkan mencari produk dengan label "nonkomedogenik", yang diklaim tidak menimbulkan penyumbatan pori-pori.

Sebagai langkah pencegahan, Dr. Gross juga menyarankan pemakaian pembersih wajah harian dengan kandungan alpha atau beta hydroxy acid (asam salisilat).

"Sinar LED biru juga baik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan tidak membuat kering seperti produk aktual lainnya," kata dia.

Kemudian, hindari penggunaan pelembap yang terlalu berminyak karena akan menyebabkan kelebihan produksi minyak. Pasalnya, kulit terbaik adalah kulit yang seimbang, tidak kering namun juga tidak terlalu berminyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.