Cara Mudah Singkirkan Komedo dari Wajah - Kompas.com

Cara Mudah Singkirkan Komedo dari Wajah

Lusia Kus Anna
Kompas.com - 18/12/2017, 17:00 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Jerawat bukan satu-satunya masalah pada kulit wajah, komedo juga kerap dikeluhkan mereka yang mendambakan kulit wajah yang mulus. Kebersihan kulit merupakan kunci utama menyingkirkan komedo.

Komedo terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran, menyumbat pori-pori. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam (blackhead) yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, serta komedo putih (whitehead) yang tampak seperti benjolan kecil di bawah kulit.

Walau mungkin Anda merasa gemas, hindari menghilangkan komedo dengan cara memencetnya karena bisa menyebabkan kulit iritasi, bahkan infeksi, dan bekas luka permanen.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo dari wajah.

- Didiamkan
Ironisnya, langkah pertama dalam menghadapi komedo adalah tidak melakukan apa-apa. Menyentuh wajah bukan cuma membuat pori makin tersumbat dengan kotoran, tapi juga bisa iritasi.

- Cara alami
Bahan-bahan alami yang bisa kita temukan di dapur ternyata bisa membantu. Tapi, ada beberapa yang perlu dihindari karena dapat mengiritasi kulit, misalnya air perasan lemon, vinegar, baking soda, atau gula kristal.

Sedangkan bahan yang bisa dipakai misalnya krim vitamin A, minyak tea tree, atau tanaman lidah buaya. Caranya adalah mengaplikasikannya langsung ke komedo.

- Obat-obatan
Seperti halnya jerawat, menyingkirkan komedo juga perlu "trial and error". Jika cara alami tak berhasil, tak ada salahnya mencoba obat-obatan dari toko obat.

Krim jerawat yang mengandung benzoyl peroxide misalnya, bisa membantu menyingkirkan bakteri dan kelebihan minyak. Zat ini juga membantu mengurangi peradangan di area koemdo.

Selain itu, salicylic acid juga bisa dipakai untuk mengurangi produksi minyak di pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori.

Salicylic acid dengan mudah bisa kita temukan dalam bentuk toner, krim, dan juga gel. Beberapa produk pelembab wajah juga ada yang mengandung zat ini.

Produk lain adalah krim retinoid atau versi vitamin A yang lebih kuat. Jika digunakan setiap hari, retinoid juga bermanfaat mencegah penuaan dini. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, gunakan dua atau tiga hari sekali.

- Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan kulit wajah adalah cara jangka panjang untuk mencegah datangnya komedo dan jerawat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu:

- Cuci wajah setiap malam, setelah beraktivitas. Gunakan sabun muka yang lembut dan air suhu ruang.

- Hindari menggosok wajah terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.

- Lakukan exfoliasi (pengelupasan dengan scrub) seminggu sekali untuk menghilangkan sel kulit mati. Pengelupasan yang terlalu sering justru memperburuk kondisi kulit.

- Cuci rambut secara teratur, terutama jika rambut Anda panjang. Minyak dari rambut juga dapat menyumbat pori. Selain itu, saat menggunakan produk untuk rambut selalu jauhkan dari kulit wajah.

- Bersihkan smartphone, sarung bantal, dan sprei secara berkala untuk menghilangkan debu, minyak, dan bakteri yang dapat menempel di wajah.

PenulisLusia Kus Anna
EditorLusia Kus Anna
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM