Cara Mudah Singkirkan Komedo dari Wajah

Kompas.com - 18/12/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Jerawat bukan satu-satunya masalah pada kulit wajah, komedo juga kerap dikeluhkan mereka yang mendambakan kulit wajah yang mulus. Kebersihan kulit merupakan kunci utama menyingkirkan komedo.

Komedo terbentuk ketika sel-sel kulit mati, minyak, dan kotoran, menyumbat pori-pori. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam (blackhead) yang tampak seperti pori-pori yang membesar dan menghitam, serta komedo putih (whitehead) yang tampak seperti benjolan kecil di bawah kulit.

Walau mungkin Anda merasa gemas, hindari menghilangkan komedo dengan cara memencetnya karena bisa menyebabkan kulit iritasi, bahkan infeksi, dan bekas luka permanen.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo dari wajah.

- Didiamkan
Ironisnya, langkah pertama dalam menghadapi komedo adalah tidak melakukan apa-apa. Menyentuh wajah bukan cuma membuat pori makin tersumbat dengan kotoran, tapi juga bisa iritasi.

- Cara alami
Bahan-bahan alami yang bisa kita temukan di dapur ternyata bisa membantu. Tapi, ada beberapa yang perlu dihindari karena dapat mengiritasi kulit, misalnya air perasan lemon, vinegar, baking soda, atau gula kristal.

Sedangkan bahan yang bisa dipakai misalnya krim vitamin A, minyak tea tree, atau tanaman lidah buaya. Caranya adalah mengaplikasikannya langsung ke komedo.

- Obat-obatan
Seperti halnya jerawat, menyingkirkan komedo juga perlu "trial and error". Jika cara alami tak berhasil, tak ada salahnya mencoba obat-obatan dari toko obat.

Krim jerawat yang mengandung benzoyl peroxide misalnya, bisa membantu menyingkirkan bakteri dan kelebihan minyak. Zat ini juga membantu mengurangi peradangan di area koemdo.

Selain itu, salicylic acid juga bisa dipakai untuk mengurangi produksi minyak di pori-pori dan menghilangkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori.

Halaman:


Sumber Healthline
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X