5 Kandungan Skin Care yang Bikin Kulit Makin Berminyak

Kompas.com - 11/11/2018, 07:52 WIB
Ilustrasi kulit berminyak shutterstockIlustrasi kulit berminyak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak seperti kulit normal, merawat kulit berminyak membutuhkan strategi khusus. Pasalnya, kita perlu berhati-hati dan teliti dalam memilih produk perawatan kulit.

Direktur Bedah Kosmetik dan Penelitian Klinis di Mount Sinai, New York, dr. Joshua Zeichner menyatakan bahwa memakai produk perawatan kulit yang tidak tepat pada kulit berminyak justru bisa menyebabkan iritasi atau memunculkan jerawat.

Untuk itu, ada berbagai bahan dalam produk perawatan kulit yang sebaiknya dihindari bila memiliki kulit berminyak.

Sebelum membeli produk perawatan kulit tertentu, ada baiknya untuk membaca dan melihat dengan jelas bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Berikut berbagai kandungan bahan yang perlu dihindari saat kamu memiliki kulit berminyak:

1. Minyak mineral

Minyak mineral adalah turunan dari petroleum atau bahan bakar fosil yang biasa disebut dengan minyak bumi. Minyak ini memiliki nama lain yaitu paraffin oil atau petroleum oil. Sementara itu, pertolatum atau petroleum jelly adalah turunan mineral oil yang memiliki struktur lebih padat seperti lilin.

Minyak mineral pada dasarnya cocok digunakan untuk kulit yang sangat kering. Namun, jika kamu memiliki kulit berminyak sebaiknya hindari penggunaan bahan yang satu ini karena akan membuat kulit semakin berminyak. Akibatnya, pori-pori wajah akan tersumbat hingga menyebabkan jerawat menjadi semakin parah.

Sebagai gantinya, pilih produk berbahan dasar air dalam bentuk krim, gel, atau losion ringan. Selain itu, pastikan untuk mencari produk dengan tulisan nonkomedogenik pada kemasan. Nonkomedogenik artinya produk tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak memicu jerawat.

Baca juga: Wajah Berminyak Saat Bangun Pagi, Pertanda Apa?

2. Alkohol

Produk berbahan dasar alkohol seperti toner memang dapat menghilangkan kelebihan minyak di kulit wajah. Namun, produk ini juga terkadang bisa membuat kulit menjadi sangat kering. Akibatnya, kelenjar minyak bekerja lebih keras untuk memproduksi lebih banyak minyak agar kulit tetap lembut.

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X