Jarang Ganti Pacar Bikin Hidup Lebih Bahagia Setelah Menikah

Kompas.com - 14/11/2018, 07:19 WIB
Ilustrasi pasangan memakai krim WavebreakmediaIlustrasi pasangan memakai krim

KOMPAS.com - Kebahagiaan dalam pernikahan memang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya, menurut sebuah penelitian, adalah memiliki satu pasangan seksual seumur hidup.

Rekam jejak percintaan kita sebelum menikah, ternyata berdampak pada kebahagiaan pernikahan. Terungkap, sering gonta-ganti pacar sebelum menikah bisa bikin kebahagiaan menurun.

Riset dilakukan oleh peneliti dari Utah University yang meneliti efek kehidupan sebelum menikah terhadap kesejahteraan dalam pernikahan.

Menurut ketua peneliti Nicholas Wolfinger, mereka yang hanya memiliki satu pasangan seksual cenderung tak mudah tergoda untuk mencari pasangan lain.

"Orang yang hanya memiliki satu pasangan seksual seumur hidup tujuh persen lebih mungkin untuk bahagia daripada mereka yang sering bergonta-ganti pasangan," ucapnya.

Sementara itu, sebanyak 64 persen wanita yang berganti pasangan hanya dua kali sebelum menikah melaporkan hidup bahagia dalam pernikahan mereka.

Sekitar 71 persen pria yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya juga merasakaan kebahagiaan.

Tingkat kebahagiaan tersebut semakin menurun saat mereka memiliki lebih banyak pasangan.

Mereka yang berganti pasangan sebanyak empat kali hanya memiliki tingkat kepuasan sebesar 54 persen.

Sementara mereka yang berganti pasangan sebanyak enam hingga 10 kali hanya memiliki tingkat kebahagiaan sebesar 52 persen.

Baca juga: Agar Hubungan Awet, Berhentilah Membandingkan Pacar dengan Orang Lain

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Sun
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X