Kompas.com - 16/11/2018, 07:40 WIB
Ilustrasi kacang-kacangan GANCINOIlustrasi kacang-kacangan

KOMPAS.com - Tak perlu merasa bersalah mengonsumsi kacang sebagai camilan. Para ahli gizi memasukkan kacang ke dalam kelompok makanan sehat.

Walau kalorinya sedikit tinggi, namun kacang mengandung protein, magnesium, serta lemak tidak jenuh dan tak jenuh ganda.

Jika selama ini kita hanya menganggap kacang pistachio dan macademia sebagai kacang yang sehat, sebenarnya masih banyak varian kacang lainnya yang bisa kita nikmati.

1. Kacang Brasil
"Jenis kacang ini mengandung banyak selenium, mineral yang penting dalam produksi hormon tiroid dan ini penting untuk fungsi antioksidan sebagai pelindung dari kanker," kata ahli gizi Kelly R.Jones.

Selenium juga berdampak bagus pada kulit dan kesehatan kuku. Penleitian juga menunjukkan, konsumsi kacang Brasil bisa memperbaiki kadar kolesterol.

Kacang Brasil biasanya berukuran besar, sehingga kita cukup mengonsumsinya dua sampai tiga buah sehari.

2. Kacang mete
Bukan hanya gurih, kacang mete juga mengandung banyak nutrisi. Kandungan zat besi kacang ini lebih tinggi dibanding kacang lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Menyimpan Kacang Almond Agar Awet dan Tahan Lama

3. Macadamia
Menurut ahli gizi Maggie Michalczyk, macadamia mengandung thiamin atau vitamin B1 yang tinggi, mangan, serta lemak tidak jenuh seperti yang terdapat dalam alpukat dan minyak zaitun.

4. Kacang tanah
Kacang tanah sebenarnya masuk dalam kelompok nut (dalam bahasa Inggris). Meski begitu kacang tanah juga kaya akan protein, vitamin, dan mineral.

Kandungan kalori kacang tanah cukup tinggi, itu sebabnya perlu dibatasi konsumsinya. Untuk selai kacang dianjurkan mengonsumsi tak lebih dari dua sendok teh per sajian.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.