Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2018, 11:24 WIB

KOMPAS.com – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2018 berlangsung serentak hari ini, Rabu (12/12/2018).

Beragam penawaran menarik siap membuat Anda tergoda. Anda pun akan menggerakkan jempol dan mengklik tombol belanja untuk berbagai barang kebutuhan secara online.

Namun, sebelum memulai belanja online, ada baiknya untuk mengenal berbagai istilah yang kerap digunakan oleh para "sista" atau "agan"di lapak jual beli daring.

Hal ini penting, agar Anda tidak kebingungan saat melakukan komunikasi sebelum bertransaksi dengan mereka.

Berikut ini sejumlah istilah yang banyak digunakan dalam proses jual beli di lapak online. Sebagian pasti sudah pernah mendengar dan mengetahui arti beberapa istilah ini, tapi pasti ada di antara calon pembeli yang belum mengetahui arti atau bahkan belum pernah mendengarnya.

BM – Black Market

Black market adalah istilah yang digunakan untuk menyebut barang yang berasal dari jalur tidak resmi atau ilegal (pasar gelap). Barang-barang BM biasanya berasal dari barang selundupan impor yang tidak terkena biaya bea cukai.

Ini yang barang BM memiliki harga yang jauh lebih murah dari aslinya dengan kualitas yang sama. Hanya saja barang BM ini tidak memiliki garansi resmi, jadi apabila terjadi gangguan fungsi dan sebagainya tidak bisa di klaim garansi.

DP - Down Payment

Down payment atau biasa disingkat dengan DP merujuk pada uang muka yang diserahkan seorang pembeli kepada penjual untuk bisa membeli sebuah produk dengan sistem pembayaran berjangka (kredit).

Biasanya, besaran DP mempengaruhi besaran cicilan yang harus diberikan setiap bulannya. Diberikannya uang DP juga memungkinkan pembeli untuk bisa membawa pulang barang yang dibelinya meskipun pembayaran belum dilunasi.

PL – Preloved atau Price List

PL memiliki dua arti dalam dunia jual beli online, yakni preloved dan price list.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.