Kompas.com - 20/12/2018, 16:10 WIB

KOMPAS.com - Salah satu media promosi yang dianggap efektif saat ini adalah media sosial. Itu sebabnya influencer menjadi profesi baru dengan penghasilan yang menjanjikan.

Seiring dengan makin ketatnya persaingan, influencer yang cuma mengandalkan jumlah followers tanpa ide konten yang menarik, tak akan bertahan lama. 

Berbagai cara pun sering dilakukan influencer untuk menambah jumlah pengikut dan menarik sponsor.

Nah, beberapa influencer di Instagram ternyata berlaku curang dengan memalsukan unggahan bersponsor palsu hanya untuk menambah jumlah followers dan menarik sponsor nyata.

Bagi para bintang media sosial dengan jumlah pengikut besar, sponsor merupakan hal yang lebih dari sekadar cara menghasilkan uang.

Sponsor bagi mereka adalah tanda kesuksesan dan keunggulan. Ini merupakan lingkaran yang menguntungkan, karena ketika influencer berhasil menarik satu sponsor, sponsor yang lain biasanya akan mengikuti.

Bagi sebagian orang yang mulai menggeluti profesi influencer, mungkin sulit untuk menarik sponsor awal, apalagi jika jumlah follower mereka masih rendah.

Oleh karena itu, mereka mengunggah foto bersponsor palsu, dengan mereplikasi bahasa dan postingan yang digunakan dalam konten bersponsor.

Mereka percaya cara ini akan membuat para sponsor berdatangan untuk mereka.

Baca juga: Pangeran Harry sudah Menjadi Influencer?

Salah satu influencer yang melakukan hal itu mengaku jika memanipulasi unggahan bersponsor adalah hal yang mudah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.