Kompas.com - 14/02/2019, 11:51 WIB
Salah satu komikus membuat petisi untuk sindir warganet yang khilaf membeli mainan. Change.OrgSalah satu komikus membuat petisi untuk sindir warganet yang khilaf membeli mainan.

KOMPAS.com - Membeli barang kesukaan, apalagi jika memang kita punya hobi mengoleksi, tentu menyenangkan. Namun, lain halnya jika kita membeli barang-barang tersebut secara khilaf alias tidak terkendali.

Problematik ini dibuat oleh komikus GHOSTY's COMIC, Fajar Hadria Putra (23) yang membuat petisi untuk menyindir warganet yang khilaf membeli mainan.

GHOSTY's COMIC merupakan komik strip online yang menceritakan karakter bernama Jaret dan Emon. Jaret sering meminjam uang untuk membeli barang-barang koleksi, seperti action figure dan model kit kepada Emon.

"Nah petisi yang dibuat tersebut dikaitkan dengan komik terbaru di GHOSTY's COMIC, di mana Emon, setelah muak dengan permintaan pinjaman uang Jaret, memutuskan untuk meminta bantuan netizen," ujar Fajar saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (14/2/2019).

Fajar menjelaskan, Jaret mengira bahwa bantuan tersebut berupa penggalangan dana untuk membiayai pinjaman uangnya.

"Ternyata bantuan yang dimaksud berupa bantuan dukungan agar Emon dapat membuat Jaret jera agar tidak membuang-buang uangnya lagi," kata dia.

Baca juga: Pameran Mainan Terbesar Se-Asia Tenggara Bakal Digelar di Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun petisi unik dengan memunculkan dua karakter fiktif bikinannya ini dibuat di change.org pada Selasa (12/2/2019). Hingga saat ini, Kamis siang. sebanyak lebih dari 1.200 orang telah mendatangani petisi ini.

Menurut Fajar, persoalan khilaf dalam membeli koleksi ini berdasarkan cerita nyata dirinya dan teman-temannya yang pernah khilaf membeli mainan.

"Kalau saya sendiri kadang sekali beli bisa Rp 1 juta lebih hahaha. Tapi kalau ukuran action figure hitungannya masih murah, ada figure yang jutaan bahkan sampai menyentuh puluhan juta," ujar Fajar.

Fajar juga bercerita, dirinya sempat khilaf membeli action figure tiap minggu. Namun, saat ini ia bisa mengontrol ambisi mengoleksi action figure.

Selain itu, Fajar juga memberikan pesan kepada warganet yang kerap khilaf membeli mainan.

"Cintai hobimu dengan sepenuh hati, tapi yang lebih lagi cintai juga dirimu sendiri dengan sepenuh hati. Jangan mengorbankan kebutuhan diri sendiri hanya karena hobi. Intinya jangan sebodoh Jaret," ujar dia.

Kisah mengenai dua sahabat ini bisa disimak di akun Instagram GHOSTY's COMIC, @ghosty_comic.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.