Kompas.com - 04/04/2019, 07:26 WIB
Ilustrasi cemas dan takut KatarzynaBialasiewiczIlustrasi cemas dan takut
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kebanyakan dari kita mungkin sudah familiar dengan gejala-gejalanya depresi. Namun, sadarkah kita bahwa gejala yang kebanyakan kita pahami adalah gejala mental.

Gejala itu seperti perasaan sedih, tidak berdaya, merasa tidak berharga, dan lainnya yang berujung pada mengisolasi diri dari lingkungan luar selama beberapa waktu.

Namun ternyata depresi tidak hanya terlihat dari gejala mental. Ada beberapa gejala fisik depresi yang juga harus kita kenali. Sebab, penyakit mental seringkali berujung pada sakit fisik.

"Gejala fisik depresi seringkali dilihat sebagai sesuatu yang bukan depresi," kata psikiatri Neelima Kunam, MD.

Dua dari sekian banyak bentuk depresi yang biasa terjadi adalah depresi mayor atau depresi yang biasanya menunjukkan gejala hampir setiap hari selama setidaknya dua minggu dan ini sangat berdampak pada kehidupan kita.

Misalnya, memengaruhi kemampuan kita untuk bekerja atau sekolah dengan prima.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk depresi lainnya adalah persistent depressive disorder atau distemia.

Baca juga: Sering Kelelahan Bisa Jadi Gejala Depresi

Penderita distemia mengalami gejala depresi tersebut setidaknya dua tahun. Namun, orang tersebut bisa saja bersikap fluktualtif. Mulai dari menunjukkan gejala depresi biasa hingga gejala depresi mayor yang sangat kuat.

Gejala mental depresi

Menurut the National Institute of Mental Health, salah satu gejala depresi adalah rasa sedih yang berkepanjangan, kecemasan atau perasaan yang "kosong", pesimisme tinggi, kerap merasa bersalah, tidak berharga, dan lainnya.

Halaman:
Baca tentang


Sumber Popsugar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.