BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Knorr

Trik Hasilkan Hidangan Kuliner dengan Cara Ekonomis

Kompas.com - 15/05/2019, 18:45 WIB
ilustrasi produk usaha kulinerShutterstock ilustrasi produk usaha kuliner

CIBUBUR, KOMPAS.com - Sudah menjadi kewajiban bagi para pelaku bisnis kuliner untuk menghasilkan produk bercita rasa tinggi. Sebab itulah yang menjadi alasan bagi pelanggan untuk membeli.

Namun sayangnya, untuk menghasilkan produk kuliner bercita rasa tinggi dengan efisien masih menjadi tantangan yang kerap dialami oleh para pelaku bisnis kuliner segala skala.

Dalam produksi, efisiensi memang diperlukan sebab tak hanya mampu menekan biaya, tapi juga waktu dan tenaga.

Ambil saja contoh para pelaku bisnis kuliner yang memanfaatkan daging ayam sebagai produk utamanya.

Untuk menghasilkan cita rasa ayam yang kuat, bahan pendukung seperti kaldu sangatlah diperlukan.

Namun untuk menghasilkan kaldu, tentu bahan dan waktu yang dibutuhkan tidaklah sedikit.

"Untuk membuat kaldu ayam itu idealnya menghabiskan waktu minimal lebih dari dua jam," kata Chef Gun Gun yang merupakan Executive Chef di Unilever Food Solutions (UFS) Indonesia.

Hal senada juga disampaikan oleh Chef Ragil yang merupakan pemilik restoran NUSA Indonesian Gastronomy.

Bahkan menurutnya, waktu yang biasa ia butuhkan untuk membuat kaldu adalah 6 hingga 12 jam. Itu pun yang dihasilkan hanya 650 ml.

Menjawab tantangan

Untuk menjawab tantangan yang dihadapi para pelaku bisnis kuliner tersebut, Unilever Food Solutions memperkenalkan Knorr Chicken Seasoning Powder.

Chef Ragil dan Chef Gun Gun saat sesi cooking demo pada acara Bukber Bersama Pengusaha Kuliner yang juga merupakan peluncuran produk Knorr Chicken Seasoning Powder, di Trans Mall Cibubur, Minggu (12/5/2019).Kompas.com/Hotria Mariana Chef Ragil dan Chef Gun Gun saat sesi cooking demo pada acara Bukber Bersama Pengusaha Kuliner yang juga merupakan peluncuran produk Knorr Chicken Seasoning Powder, di Trans Mall Cibubur, Minggu (12/5/2019).
Bertempat di Atrium Trans Mall Cibubur, Minggu (12/5/2019), produk tersebut diperkenalkan dihadapan para undangan dan pengunjung mall.

Brand Manager Unilever Food Solutions (UFS) Indonesia, Syathir Muhram mengatakan, produk penyedap rasa ayam ini memang sudah ada di pasaran, namun baru tersedia dalam ukuran satu kilogram saja.

“Itu pun umumnya hanya dikenal oleh para pelaku bisnis kuliner tertentu, terutama mereka yang sudah mengenal brand Knorr,” tambahnya.

Sementara itu, lanjut Syathir, untuk menjangkau sasaran yang lebih luas dan memperkenalkan ke lebih banyak pengusaha kuliner di Indonesia, UFS meluncurkan Knorr Chicken Seasoning Powder dalam ukuran ekonomis yakni 200 gram.

Tak hanya memperkenal Knorr Chicken Seasoning Powder 200 gram, acara yang bertajuk 'Bukber Bersama Pengusaha Kuliner' tersebut semakin seru dengan diselenggarakannya cooking demo yang dilakukan Chef Ragil dan Chef Gun Gun, serta cooking competition yang diikuti para peserta.

Saat memperagakan resep Mie Lethek Nyemek, Chef Ragil mengatakan, menggunakan Knorr sebagai alternatif kaldu ayam dapat memangkas waktu memasak dan tentunya biaya.

"Cukup 20 gram ditambah 1 liter air panas sudah dapat menghasilkan kuah yang setara kaldu ayam asli," ungkapnya.

Ditambahkan oleh Chef Gun Gun, hal tersebut bisa terjadi, karena Knorr Chicken Seasoning Powder mengandung lima kali lebih banyak daging ayam, sehingga cita rasa ayamnya sangat kuat.

“Jadi bukan hanya dominan rasa asin seperti saat menggunakan penyedap rasa biasa lainnya,” jelas Chef Gun Gun.

Bukan hanya untuk masakan berbahan dasar ayam, Knorr Chicken Seasoning Powder ini juga berfungsi sebagai penyedap serbaguna pada masakan lainnya seperti olahan daging sapi, seafood, hingga sayuran.

Meluncurkan produk lainnya

Selain Knorr Chicken Seasoning Powder 200 gram, pada acara yang sama UFS  memperkenalkan pula produk lainnya, yaitu Knorr Golden Salted Egg Powder.

Acara semakin seru dengan digelarnya kompetisi memasak yang diikuti oleh para peserta acara.Kompas.com/Hotria Mariana Acara semakin seru dengan digelarnya kompetisi memasak yang diikuti oleh para peserta acara.

Chef Gun Gun menuturkan, produk Knorr Golden Salted Egg Powder ini pun dapat diaplikasikan secara luas.

“Mulai dari seafood, ayam, kue, hingga camilan seperti keripik kentang, kulit ayam, ikan atau makanan lain yang menggunakan telur asin sebagai bahan utamanya,” tambah Chef Gun Gun.

Bahkan, ditambahkan oleh Chef Gun Gun, satu kemasan Knorr Golden Salted Egg Powder 270 gram setara dengan 23 kuning telur asin yang telah dipasteurisasi.

“Produk ini (Knorr Golden Salted Egg Powder) juga dapat diaplikasikan pada hidangan kering maupun basah,” jelasnya.

Lebih efisien

Dengan segala keunggulan yang dimiliki, baik Knorr Chicken Seasoning Powder maupun Knorr Golden Salted Egg Powder, proses memasak menjadi jauh lebih efisien dari segi waktu, tenaga, bahkan biaya.

Hal tersebut diakui oleh Yana, pemilik usaha bakery asal Cipayung, Jakarta Timur. Ia mengatakan, dirinya sudah menggunakan Knorr dari awal membangun bisnisnya.

Biasanya Knorr Chicken Seasoning Powder tersebut ia gunakan saat membuat isian daging untuk produk roti yang dijualnya.

"Saya memang sudah menggunakan produk tersebut dari awal, kira-kira sudah lima tahun," katanya.

Yana memilih Knorr lantaran ia mendapat rekomendasi dari salah satu keluarganya yang sudah lebih dulu berkecimpung di bisnis kuliner, yakni bakso.

Diakuinya, memang dengan menggunakan produk tersebut, proses produksi menjadi jauh lebih efisien, cita rasa produk yang dihasilkan juga jauh lebih tinggi.

"Kuah baksonya jadi jauh lebih enak, dibanding kalau menggunakan penyedap rasa," tambahnya.

Karena keunggulan tersebut, Yana yang juga koordinator di sebuah komunitas bisnis kuliner ini pun merekomendasikan produk kaldu ayam tersebut kepada para anggotanya.

"Saya juga bilang ke teman-teman, kalau sebagai penyampur (bumbu tambahan), ini (Knorr Chicken Seasoning Powder) juara deh, apalagi untuk masakan yang berkuah," katanya.

Tertarik mencoba salah satu produk Knorr tersebut? 

Dapatkan produknya dengan berbagai penawaran menarik di Blibli.com atau Anda bisa memperoleh sample gratis Knorr Chicken Seasoning Powder 200 gram di sini

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE