Fesyen "Vintage" yang Tengah Naik Daun

Kompas.com - 24/05/2019, 15:23 WIB
Muhammad Adrian Yudhatama (18) dan Sadrakh Lubis menjual fesyen vintage di USS Yard Sale, Senayan City, Jakarta.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Muhammad Adrian Yudhatama (18) dan Sadrakh Lubis menjual fesyen vintage di USS Yard Sale, Senayan City, Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren fesyen terus berubah. Jika tahun lalu booming soal tech wear, kini vintage yang justru jadi incaran.

Fesyen "jadul" tersebut menarik, terutama karena desain-desain berani yang tabrak warna.

Setidaknya itu yang diamini Sadrakh Lubis (27), kolektor busana vintage yang tengah buka booth di USS Yard Sale, Senayan City, Jakarta.

"Gue suka vintage karena memang suka dengan color blocking dari dulu," kata Sadrakh kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Salah satu brand dengan fesyen vintage yang disukai adalah Nike. Menurutnya, label Swoosh tersebut memiliki color blocking ciamik, seperti paduan merah, biru dan kuning yang jadi satu.

Tak itu saja, fesyen vintage pun dianggap sebagai salah satu usaha turut serta mendukung sustainability karena mengurangi limbah pakaian.

Fesyen vintage di USS Yard Sale, Senayan City, Jakarta.KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYA Fesyen vintage di USS Yard Sale, Senayan City, Jakarta.
Hal lain yang menarik dari fesyen vintage adalah pengalaman mendapatkannya. Sadrakah harus meluangkan waktu berburu ke pasar-pasar seken, seperti Pasar Senen, Pasar Baru, Jakarta; Pasar Gede Bage Bandung; Pasar Kodok, Bali; Pasar Jodoh, Batam.

Saat di thrifting, istilah untuk berburu barang seken, Sadrakh mengingatkan untuk jeli. Sebab tak jarang ada barang yang justru imitasi.

Sadrakh memberikan beberapa tips agar tidak tertipu, satu di antaranya melihat label di kerah.

Menurutnya, label yang asli memiliki font presisi, serta bordir rapi.

"Lumayan jelas perbedaanya kalo vintage palsu," katanya.

Nah, soal harga, menurut Sadrakh sangat bersahabat. Ia menjual dari harga Rp 75.000 - Rp 800.000.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X