Di Balik Perayaan Hari Ayah untuk Kali Pertama di Dunia..

Kompas.com - 19/06/2019, 17:53 WIB
ilustrasi ayah dan bayijacoblund ilustrasi ayah dan bayi

KOMPAS.com - Selain peringatan Hari Ibu, beberapa negara di dunia juga memperingati Hari Ayah. Momen ini digunakan sebagai pengingat perjuangan sosok ayah dalam keluarga.

Peringatan Hari Ayah Internasional selalu dirayakan tiap minggu ketiga pada bulan Juni. Tahun ini, Hari Ayah Internasional diperingati pada 16 Juni, sesuai dengan perhitungan di Amerika Serikat.

Terlepas dari penetapan yang berbeda tiap tahunnya, awal mula perayaan Hari Ayah pertama dilakukan di Amerika Serikat pada 19 Juni 1910.

Bertempat di Spokane Washington, perayaan itu berjalan lancar setelah otoritas setempat mengadakan pertemuan sebelumnya.

Terinspirasi Hari Ibu

Berbagai kampanye untuk merayakan Hari Ayah tak semudah seperti yang direncanakan. Banyak anggapan yang berkembang di masyarakat Amerika Serikat bahwa ayah tak memiliki daya tarik seperti yang dimiliki oleh seorang ibu.

Dilansir dari History, pada 5 Juli 1908, salah satu gereja yang berada di Virginia Barat memulai langkah awal mengadakan acara untuk menghormati para ayah.

Acara tersebut dibekali dengan khotbah menceritakan kematian dari 362 orang karena insiden ledakan tambang di Fairmont Coal Company di Monongah.

Baca juga: Menuai Banyak Kontroversi, Berikut Sejarah Panjang Hari Ayah

Pada tahun berikutnya, seorang perempuan bernama Sonora Smart Dodd mencoba membujuk beberapa otoritas setempat agar menetapkan hari untuk mengenang perjuangan seorang ayah.

Sonora kemudian pergi ke gereja dan beberapa tempat untuk menggalang dukungan terhadap idenya ini. Dia meyakinkan beberapa pihak penting untuk memberikan penghargaan kepada ayah sama seperti kepada seorang ibu.

Selain itu, dia juga menyusun petisi yang menyatakan hari Minggu tertentu di bulan Juni sebagai Hari Ayah. Setelah perjuangannya ini, akhirnya pemerintah setempat menyepakati rencananya dan Hari Ayah pertama dirayakan pada 19 Juni 1910.

Dari tahun ke tahun, akhirnya perayaan ini mulai menyebar ke berbagai negeri. Bahkan pada 1916, Presiden AS Woodrow Wilson memberikan penghormatan pada hari itu dengan membentangkan bendera di Spokane, Washington. Dia juga mengimbau berbagai negara bagian di AS merayakan hari tersebut.

Pada 1972, Pemerintah AS memberikan dedikasi kepada Hari Ayah sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat.

Baca juga: Ayah di China Ini Jadi Badut dan Jual Balon demi Bayar Biaya Pengobatan Anaknya

Kontroversi

Walaupun diperingati, ternyata ada segelintir orang yang mencibir perayaan ini. Mereka menganggap bahwa hari ayah yang libur identik dengan menjinakkan kejantanan para pria.

Selama era 1920-an dan 1930-an, ada gerakan muncul untuk membatalkan Hari Ibu dan Hari Ayah sekaligus untuk mendukung satu hari libur, Hari Orangtua.

Kelompok ini berkumpul pada Hari Ibu di Central Park, New York City. Akan tetapi Depresi Hebat atau Great Depression menggagalkan upaya ini.

Ketika Perang Dunia II dimulai, acara ini didedikasikan untuk menghormati pasukan Amerika Serikat dan mendukung upaya perang. Hingga pada 1972, Presiden Richard Nixon menandatangani peraturan agar Hari Ayah sebagai hari libur nasional.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X