Kapan Usia Terbaik Mengenalkan Anak dengan Musik?

Kompas.com - 10/07/2019, 15:28 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musik memang berdampak positif bagi perkembangan kognitif anak. Itu sebabnya orangtua perlu memperkenalkan musik sedini mungkin.

Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani menjelaskan, musik memengaruhi perkembangan aspek motorik kasar dan halus, bahasa dan kognitif, serta sosial dan emosional anak.

Terhadap aspek motorik, misalnya, mendengarkan musik secara pasif bisa membuat bayi menggerakkan tubuhnya.

Seiring bertambahnya usia, anak mulai bisa bergerak lebih banyak, seperti menari dan melompat.

"Dengan bergerak membantu pertumbuhan otot, membantu anak memiliki tubuh kuat dan keseimbangan. Keseimbangan jadi salah satu aspek motorik penting ketika anak sekolah," kata Nadya dalam talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).

Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).KOMPAS.com/Nabila Tashandra Marketing Manager ELC Indonesia Abi Shihab, Psikolog keluarga sekaligus pendiri Rumah Dandelion, Nadya Pramesrani dan Celebrity Mom Chua Kotak pada talkshow Play and Grow with ELC Musical Toys di Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu (10/7/2019).


Musik akan membantu anak lebih berkonsentrasi dan lebih mampu memusatkan perhatian pada satu hal. Hal ini membuat perkembangan bahasa dan kognitif mereka lebih baik.

Baca juga: Ingin Belajar Musik, Lebih Penting Bakat atau Minat Anak?

Musik juga paling dibutuhkan untuk perkembangan sosial dan emosional anak.

Peneliti dari Florida International University menemukan kegiatan musik berkelompok dapat meningkatkan tumbuh kembang anak dalam lima hal, yakni kompetensi, kepercayaan diri, kepedulian, karakter, dan hubungan.

"Perasaan aman, penerimaan terhadap lingkungan. Terutama pada anak usia remaja atau pra remaja ini penting agar kegiatan belajar anak di sekolah tidak terganggu," kata Nadya.

Usia mengenalkan musik pada anak

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X