Manfaat Pisang Jauh Lebih Manis dari Rasanya

Kompas.com - 21/07/2019, 09:36 WIB
Ilustrasi pisang margouillatphotosIlustrasi pisang
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal pisang? Buah ini populer dengan rasanya yang lezat dan mudah dimakan. Namun tak hanya enak, pisang juga memiliki segudang manfaat yang mungkin tak kamu sangka.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi yang ada pada buah pisang. Dalam pisang berukuran sedang saja, terdapat kandungan potassium atau kalium, serat, dan zat besi. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, magnesium dan 105 kalori.

Dengan kandungan nutrisi-nutrisi di atas, tak jarang buah pisang dijuluki sebagai superfood. Berikut sederet manfaat pisang yang sebaiknya kita ketahui:

Membantu meningkatkan konsentrasi otak

Karena mengandung kalium, buah pisang dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Baik bagi anak maupun orang dewasa. Kalium dalam buah berdaging kuning ini dapat membuat otak dan saraf berfungsi dengan maksimal.

Pisang juga kaya akan magnesium. Zat ini memainkan peran penting untuk mengirimkan sinyal di antara otak dengan tubuh anak.

Magnesium juga berfungsi sebagai penjaga reseptor N-Methyl-D-Aspartate (NMDA), yang membantu perkembangan otak, meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan kemampuan pembelajaran.

Merupakan sumber energi yang baik

Pisang memberikan energi untuk mengawali hari. Buah ini memberikan energi yang lebih baik daripada minuman berenergi.

Mengonsumsi dua buah pisang saat sarapan bahkan dikatakan dapat memberikan energi yang cukup untuk berjalan kaki selama satu setengah jam. Luar biasa, bukan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X