Kompas.com - 25/07/2019, 16:53 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com – Microwave sebenarnya adalah peralatan rumah tangga yang serba guna. Namun, mayoritas orang hanya menggunakannya untuk menghangatkan makanan.

“Microwave sangat nyaman untuk beragam pekerjaan, terutama jika kita sudah punya beberapa item memasak di kompor atau sibuk mengerjakan tugas lain,” kata chef dan pemilik restoran Kathy Fang.

Untuk memaksimalkan manfaat dari microwave, ketahui apa saja yang bisa kita lakukan dengan alat rumah tangga yang modern ini.

1. Mengeringkan rempah atau herbal
Karena microwave bekerja dengan cara menargetkan dan menghangatkan air, Abbey Sharp, R.D., penulis dari buku Mindful Glow Cookbook, mengatakan microwave bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan rempah-rempah seperti rosemary atau thyme.

Untuk mencoba, letakkan tanaman herbal diantara dua kertas tisu lalu hangatkan selama 2 sampai 3 menit. Hindari rempah bertekstur halus seperti daun mint atau kemangi, karena kedua bahan tersebut tidak tahan microwave.

2. Mengupas kulit bawang dengan cepat
Lelah dengan tangan yang bau setelah mengupas kulit bawang sebelum memasak? Nah, ternyata microwave juga bisa menggantikan kita untuk melakukan pekerjaan itu.

“Caranya masukkan satu suing bawang putih, panaskan dengan suhu tinggi selama 15 sampai 20 detik, dan kulit akan terkupas dengan cepat” kata Sharp.

Baca juga: Tips Masak Enak untuk Pemula di Dapur

3. Mengukus ikan
Fang mengatakan, sejak lama keluarganya punya kebiasaan menghangatkan ikan di microwave agar tidak overcook (kematangan).

Caranya sederhana, taruh ikan di dalam mangkuk lalu beri sedikit mentega atau minyak zaitun, garam, merica dan rempah-rempah lain yang diingiinkan, dan isi mangkuk dengan beberapa inci air.

Setelah itu tutup bagian atas mangkuk dengan plastik wrap yang aman, dan gunakan garpu untuk menusuk beberapa lubang sebagai ventilasi. Kemudian nyalakan microwave selama 6 sampai 7 menit.

Halaman:


Sumber SELF
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X