Biji Rami Bantu Turunkan Berat Badan, Percaya?

Kompas.com - 26/07/2019, 10:55 WIB
Ilustrasi flaxseed atau biji rami shutterstockIlustrasi flaxseed atau biji rami

KOMPAS.com - Memiliki tubuh ideal adalah impian banyak orang. Tentunya, perlu pola makan sehat dan rutin berolahraga untuk memilikinya.

Nah, salah satu makanan yang dipercaya ampuh membantu turunkan berat badan adalah flaxseed atau biji rami.

Biji rami adalah salah satu jenis biji-bijian utuh yang sering dijadikan tepung untuk mengolah makanan.

Menurut Pusat Sumber Daya Pemasaran Pertanian, flaxseed telah menjadi bahan baku makanan sehat dalam kurun waktu 15 terakhir.

Biji rami memang rendah kalori, tinggi serat, dan mengandung asam lemak omega-3 nabati. Satu sendok makan biji rami mengandung 37 kalori, dua gram serat, dan satu gram protein.

Di sisi lain, penelitian mendapati masyarakat belum menganggap biji rami sebagai makanan kesehatan sampai saat ini.

Padahal riset menunjukan, keampuhan suplemen biji rami dalam membantu menurunkan berat badan telah dibuktikan lewat penelitian yang menggunakan tikus.

Namun, riset-riset yang mengklaim manfaat biji rami untuk menurunkan berat badan belum bisa dikonfirmasi keakuratannya, karena metode dan analisis statistiknya.

Baca juga: Kabar Gembira, Minyak Jintan Hitam Bantu Turunkan Berat Badan

Sekelompok peneliti Iran dan Kanada menerbitkan ulasan pada tahun 2017 tentang biji rami dan studi berat badan. Temuan tersebut terdiri dari tigal hal, sebagai berikut:

  • Alasan suplemen biji rami membantu tikus menurunkan berat badan adalah karena lignan, senyawa tanaman dengan kekuatan antioksidan penangkal penyakit. Namun, dari lima studi yang ditinjau, tidak ada yang menemukan bahwa suplemen dengan lignan memiliki efek penurunan berat badan yang serupa pada manusia.
  • Kandungan serat dalam biji rami adalah faktor yang dapat menyebabkan penurunan berat badan pada manusia. Ini disebabkan karena serat membuat kita kenyang lebih lama. Oleh karena itu, peneliti menemukan suplemen biji rami utuh menjadi efektif, sedangkan minyak biji rami (yang tanpa serat) tidak efektif untuk menurunkan berat badan.
  • Semakin besar indeks massa tubuh seseorang yang mengonsumsi biji rami, semakin besar efeknya. Wanita yang menambahkan biji rami sebagai menu diet mengalami penurunan berat badan yang lebih besar daripada pria yang melakukan hal yang sama.

Kesimpulannya, tidak ditemukan zat khusus dalam biji rami yang membantu menurukan berat badan kecuali kandungan serat di dalamnya.

Serat telah terbukti, melalui penelitian ilmiah, dapat membantu menurunkan berat badan, serta membantu jantung menjadi sehat dan mencegah sejumlah penyakit mematikan.

Melansir laman Hello Sehat, biji rami yang diolah menjadi minyak juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan cara melancarkan pencernaan yang dapat membantu proses detoksifikasi tubuh dan menurunkan berat badan.

Riset 2012 dalam jurnal Appetite menemukan minyak biji rami dapat membantu menekan nafsu makan sehingga membuat asupan makanan menurun, yang mempercepat proses penurunan berat badan.

Namun, ada baiknya kita mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi serta olahraga secara teratur. Hal ini dilakukan agar proses penurunan berat badan lebih optimal.

 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber runnersworld,
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X