Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2019, 20:03 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pelanggan Forever 21 dikejutkan dengan adanya camilan diet Atkins di dalam pesanan pakaian mereka.

Pelanggan tersebut kecewa, karena mereka tak memesan camilan tersebut dan menganggap apa yang dilakukan Forever 21 merupakan bentuk body shaming.

"Temanku membeli pakaian plus size dari @Forever21 dan mereka memberinya sampel camilan diet Atkins!! Kalian bercanda?!? #forever21 #shopping #plussize #fahion #bodyshaming #getthisreported," tulis akun @melodycgreen.

"Ukuran celanaku berubah dari 24 menjadi 18, masih tergolong perempuan berukuran besar (pluz size), jadi aku memesan celana jeans dari @Forever21. Aku buka bungkusnya dan di dalamnya ada camilan Atkins. Apa yang mau kalian katakan padaku Forever 21, aku gendut dan harus menurunkan berat badan? Apakah kalian memberikannya juga pada perempuan yang tidak masuk kelompok plus size?" tulis akun @MissGirlGames.

"Ibuku memesan beberapa koleksi pakaian plus size dari @Forever21 dan mereka mengirimkan camilan diet Atkins bersama dengan pesanan ibuku????," tulis akun @jessemarisaelao.

Baca juga: Atkins, Diet yang Membolehkan Anda Makan Lemak

Beberapa pelanggan menertawakan pengalaman mereka mendapatkan camilan Atkins tersebut, seperti Jesse dan ibunya.

Namun, ia berbagi pengalaman tersebut karena apa yang dilakukan Forever 21 dianggap bisa memberikan pesan yang merusak.

"Kami memahami bahwa hal itu memberi pesan negatif tentang citra tubuh. Kami tidak mendukung makanan diet atau diet ikut-ikutan. Kami juga tahu apa masalah kesehatan yang akan dialami," kata Jesse.

Banyak pengguna Twitter marah dengan selipan camilan Atkins tersebut, karena selain dianggap sebagai body shaming, juga berpotensi mengacaukan usaha orang yang berjuang untuk pulih dari masalah gangguan makan.

Ada pula pengguna Twitter yang menyalahkan Atkins, karena tidak seharusnya menyalurkan produk diet mereka pada pasar perempuan remaja.

Sebab, perempuan remaja adalah demografi dengan rasio prevalensi tertinggi mengenai gangguan makan dan komplikasinya.

Baca juga: 5 Langkah Cegah Gangguan Makan Makin Buruk pada Remaja

Dalam sebuah pernyataan, Forever 21 mengonfirmasi bahwa sampel tersebut dikirimkan sesekali bersama dengan barang yang dipesan para pelanggan.

Mereka berupaya memberi kejutan para pelanggannya, dengan produk-produk gratis dari pihak ketiga dalam pesanan produk Forever 21 secara online.

Adapun mengenai camilan Atkins, Forever 21 mengirimkannya kepada semua pelanggan, tidak hanya pada pelanggan yang memesan pakaian kategori plus size.

Ritel tersebut mengakui langkahnya keliru.

"Ini adalah kekeliruan pihak kami dan kami meminta maaf kepada semua pelanggan yang merasa tersinggung, sebab kami tidak bermaksud demikian," demikian tertulis dalam pernyataan tersebut.

Baca juga: 6 Pertanyaan Ini Bisa Ungkap Adanya Gangguan Makan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com