Listrik Padam, Apakah Makanan di Kulkas Masih Bisa Dikonsumsi?

Kompas.com - 05/08/2019, 08:25 WIB
Ilustrasi kulkas. Ilustrasi kulkas.

KOMPAS.com - Padamnya listrik di sejumlah wilayah selama belasan jam membuat alat-alat rumah tangga yang menggunakan listrik tidak bisa digunakan. Termasuk kulkas yang dipakai untuk menyimpan bahan makanan.

Sejumlah orang langsung mengeluarkan makanan mereka dari kulkas setelah listrik padam selama beberapa jam. 

Namun, apakah makanan yang ada dalam kulkas saat listrik padam selama beberapa jam masih baik dikonsumsi? Untuk menjawabnya, ikuti tips berikut:

1. Freezer atau kulkas berdiri yang pintunya tetap dalam kondisi tertutup akan tetap terjaga temperatur dinginnya untuk dua hingga empat hari.

2. Simpan es kering (dry ice), satu balok es atau beberapa bungkus gel packs dalam boks pendingin yang terisolasi dengan baik. Pindahkan makanan yang mudah basi dari kulkas ke tempat pendingin tersebut.

3. Menurut National Center for Home Food Preservation, balok es kering seberat 22 kg akan membuat isi freezer tetap dingin dalam dua hari.

4. Makanan yang mencair setelah listrik mati masih aman untuk dimakan atau dibekukan kembali jika masih mengandung kristal es atau disimpan dalam tempat dengan suhu di bawah 4 derajat Celcius antara lain daging sapi, daging kambing, sup dan makanan rebusan, keju, jus, tepung, kacang-kacangan, wafle, pancake, dan makanan beku.

Baca juga: Jangan Malas Bersihkan Kulkas

5. Produk susu, daging unggas, daging sapi, seafood, pasta segar, sayur segar, telur, yang dibiarkan dalam suhu 4 derajat Celcius lebih dari dua jam lebih baik dibuang.

6. Kemasan mayonaise, saus tar-tar, lobak, atau minyak bawang putih yang sudah terbuka dan didiamkan dalam suhu 10 derajat Celcius ke atas selama lebih dari delapan jam sebaiknya dibuang.

7. Makanan berikut aman, kecuali jika dikeluarkan dari kulkas: selai kacang, jelly, mustard, saus tomat, zaitun, acar, saus barbeque, saus ikan, saus kedelai, buah, sayur mentah, dan keju.

8. Jangan mencoba makanan untuk mengetahui apakah masih baik atau tidak serta jangan bergantung hanya pada bau atau tampilan makanan.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X