5 Ide Memasak Daging Kurban Selain Gulai dan Sate

Kompas.com - 09/08/2019, 20:45 WIB
Masakan Italia dari olahan daging sapi versi ukuran kecil bernama bistica alla fiorentina di Pesto Autentico, UOB Plaza, Jakarta. KOMPAS/RADITYA HELABUMIMasakan Italia dari olahan daging sapi versi ukuran kecil bernama bistica alla fiorentina di Pesto Autentico, UOB Plaza, Jakarta.


KOMPAS.com – Hari Raya Idul Adha akan jatuh di hari Minggu (11/8/2019). Saat Idul Adha tiba, memasak daging kurban baik sapi maupun kambing tentunya menjadi tradisi yang biasa kita lakukan.

Umumnya, daging sapi dan kambing lumrah untuk dijadikan masakan sate, gulai, tongseng, ataupun rendang. Supaya makanan di momen Idul Adha kali ini tidak itu-itu saja, berikut ini beberapa ide memasak olahan daging kurban supaya tidak begitu-begitu saja:

1. Bakso Bakar

Bakso bakar di Alun Alun Kidul. Bakso bakar terbuat dari daging ayam, menjadi jajanan yang terkenal di Yogyakarta. KOMPAS.com/Silvita Agmasari Bakso bakar di Alun Alun Kidul. Bakso bakar terbuat dari daging ayam, menjadi jajanan yang terkenal di Yogyakarta.

Selain menikmati daging kurban dengan dijadikan masakan satai, Anda bisa mengolahnya menjadi bakso bakar.

Namun prosesnya sedikit lebih lama, lantaran harus menggiling daging menjadi lebih halus dan dilanjutkan dengan membuatnya menjadi adonan bakso.

Baca juga: Awas, Banyak Konsumsi Daging Merah Tingkatkan Risiko Kematian

Supaya lebih anti mainstream, bakso bakar yang Anda buat jangan melulu dari daging sapi. Anda bisa mencoba membuat bakso bakar dengan menggunakan daging kambing ataupun domba. Meski jarang ada, namun sebenarnya mengolah daging domba maupun kambing menjadi bakso bukanlah hal yang baru.

Melansir dari Kompas.com (31/8/2017), di Eropa, daging kambing dibuat bakso dinamakan lamb marrocan meatballs. Daging tersebut dicacah lalu diberi bumbu marjoram, bay leaf, oregano, rosemary, telur, sedikit tepung roti, kemudian disiram dengan saus krim.

2. Bistik Daging

Bistik lidah sapi dengan resep asli sejak Toko Oen di buat tahun 1922 di Yogyakarta, saat ini Toko Oen sendiri hanya berdiri di Semarang, Kamis (19/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Bistik lidah sapi dengan resep asli sejak Toko Oen di buat tahun 1922 di Yogyakarta, saat ini Toko Oen sendiri hanya berdiri di Semarang, Kamis (19/7/2018).

Membuat masakan bistik, sangat cocok untuk Anda yang ingin mengkombinasikan lemak daging dengan sayuran. Tujuannya tentu saja supaya gizi Anda lebih seimbang tak melulu mengkonsumsi lemak.

Bistik daging khas dengan daging yang dimasak kental dengan berlumur kuah mirip steak. Biasanya bahan yang digunakan adalah daging sapi merah.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X