Akankah Priyanka Chopra Kehilangan Gelar Duta PBB yang Disandangnya?

Kompas.com - 22/08/2019, 20:47 WIB
Priyanka dan Nick Jonas menggelar resepsi pernikahan yang ketiga di Mumbai, India, Kamis (20/12/2018). AP Photo/Rajanish KakadePriyanka dan Nick Jonas menggelar resepsi pernikahan yang ketiga di Mumbai, India, Kamis (20/12/2018).

KOMPAS.com - Sejak tahun 2010 dan berlanjut pada tahun 2016, pesohor asal India  Priyanka Chopra menyandang tugas mulia sebagai goodwill ambassador bagi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB).

Sesuai dengan nama gelar yang disandangnya, -mudah diterka, salah satu tugas Priyanka adalah menyuarakan kebaikan dan perdamaian bagi dunia.

Namun kini, kecaman atas gelar tersebut muncul. Adalah Menteri Hak Asasi Manusia Pakistan, Shireen Mazari mengajukan tuntutan resmi kepada PBB agar gelar tersebut dicabut.

Tuntutan itu bukan tanpa dasar. Istri penyanyi Nick Jonas ini dinilai telah mengumbar keberpihakan kepada Pemerintah Perdana Menteri Narendra Modi, yang bermuara pada ancaman perang.

Priyanka disebut telah mendukung posisi pemerintah nasionalis di wilayah Kashmir yang dikontrol India.

Mazari mengatakan patriotisme ekstrem dan dukungan Priyanka terhadap Modi, serta dukungan untuk perang, bahkan perang nuklir, telah melukai kredibilitas PBB.

Baca juga: Cari Rumah Baru, Priyanka dan Nick Jonas Sisihkan Dana Rp 285 Miliar

Pemerintah Modi pun telah melanggar konvensi internasional dan resolusi Dewan Keamanan PBB tentang Kashmir.

"Jika gelarnya sebagai Duta Kebaikan PBB tak dicabut, maka ide PBB untuk membawa perdamaian lewat gelar tersebut hanya akan menjadi cemoohan di seluruh dunia."

Kecaman

Baru-baru ini, Priyanka juga dikecam karena unggahan di akun Twitter pada Februari lalu, di tengah eskalasi ketegangan antara India dan Pakistan di wilayah sengketa Kashmir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Aljazeera
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X