Kurangi Polusi dengan Tanaman Dalam Ruangan

Kompas.com - 03/09/2019, 12:42 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Walau sepanjang hari berada di dalam ruangan, bukan berarti kita aman dari menghirup polutan dan zat-zat kimia dalam udara yang kotor.

Saat ini memang banyak penyaring udara yang dijual produsen elektronik, namun sebenarnya kita pun bisa mengurangi polusi udara dalam rumah dengan memelihara tanaman.

Beberapa jenis tanaman tidak hanya berfungsi secara estetika, tapi juga mampu menyerap polusi udara, termasuk zat-zat yagn dikeluarkan oleh plastik, penghapus cat kuku, cat, atau asap rokok.

Kemampuan tanaman itu untuk mengurangi polusi juga sudah dibuktikan oleh ilmuwan di NASA tahun 1980-an.

Berikut adalah beberapa tanaman, yang bukan cuma indah dipandang, tapi juga bermanfaat bagi kesehatan pernapasan.

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua (Sansevieria trifasciata). Ilustrasi tanaman hias lidah mertua (Sansevieria trifasciata).

1. Tanaman lidah mertua
Anggota dari keluarga tanaman sukulen ini sangat mudah dirawat. Membutuhkan sedikit air, lidah mertua bisa bertahan di mana saja.

Selain mampu menyerap polutan, tanaman berdaun runcing dan keras ini juga akan menghasilkan banyak oksigen saat malam hari.

2. Tanaman jade
Tanaman yang daunnya subur ini bisa ditanan di dalam atau luar ruangan, serta tak terlalu repot dalam perawatan. Yang penting diletakkan di tempat yang mendapat cukup sinar matahari.

Tanaman daun dolar atau ZZ plant.Shutterstock Tanaman daun dolar atau ZZ plant.
3. Daun dolar (ZZ Plant)
Ini termasuk dalam tanaman indoor favorit karena daun dolar ini bisa bertahan seminggu tanpa air dan masih bisa memproduksi daun.

Selain mampu membersihkan udara, tanaman ini juga dipercaya membawa aura yang baik ke dalam rumah karena menyimbolkan kekayaan dan persahabatan.

4. Beringin karet
Termasuk dalam jenis tanaman ficus, beringin karet (rubber tree) memang menarik. Daunnya yang mengilap dan berukuran besar bisa menjadi hiasan yang atraktif di rumah. Manfaat lainnya, adalah mampu menyaring formaldehyde di ruangan.

5. Peace lily
Tanaman dekoratif lain yang mampu menghalau polutan adalah Peace lily. Tanaman berbunga putih ini bukan cuma membuat dekorasi lebih indah, tapi juga udara lebih segar.

6. Lili Paris
Tanaman tropis lain yang bisa kita pilih untuk hiasan di ruang tamu atau ruang keluarga adalah lili paris. Selain mudah dirawat, tanaman ini juga terbuktif efektif menghilangkan zat-zat kimia di sekitar.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X