Kompas.com - 16/09/2019, 08:33 WIB
Batik Yogyakarta menginjakkan kaki di Portugal melalui penyelenggaraan Festival Indonesia 2019 di Lisbon. Acara bertajuk Jogja Kota Batik Dunia ini diselenggarakan mulai Sabtu, 14 September 2019 hingga Senin, 16 September 2019. DOKUMENTASI KBRI LISBONBatik Yogyakarta menginjakkan kaki di Portugal melalui penyelenggaraan Festival Indonesia 2019 di Lisbon. Acara bertajuk Jogja Kota Batik Dunia ini diselenggarakan mulai Sabtu, 14 September 2019 hingga Senin, 16 September 2019.

KOMPAS.com - Batik Yogyakarta menginjakkan kaki di Portugal melalui penyelenggaraan Festival Indonesia 2019 di Lisbon.

Acara bertajuk “Jogja Kota Batik Dunia” ini diselenggarakan mulai Sabtu, 14 September 2019 hingga Senin, 16 September 2019.

Dalam festival yang berlangsung selama tiga hari ini, tidak kurang dari 1.000 masyarakat Portugal ambil bagian untuk belajar mengenal batik lewat pameran, lokakarya, dan peragaan busana.

Pengunjung juga diberikan kesempatan untuk membawa pulang batik melalui bazar. Selain itu, pelaku bisnis Portugal pun dapat menjajaki peluang bisnis melalui B2B meetings.

Baca juga: Tips Merawat Kain Batik agar Lebih Awet

Tema batik dipilih dalam Festival Indonesia 2019 di Lisbon untuk merayakan 10 tahun penobatan batik sebagai Warisan Budaya Tak Benda untuk Kemanusiaan oleh UNESCO.

Demikian informasi tersebut tertuang dalam siaran pers yang diterima Kompas.com dari KBRI Lisbon, Senin pagi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara spesifik, festival juga memperkenalkan Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia yang diakui oleh World Craft Council sejak tahun 2014.

Acara pembukaan Indonesian Festival 2019 diawali dengan mengheningkan cipta atas berpulangnya Presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie.

Sebagai tanda dibukanya acara, Duta Besar RI di Lisbon, Sekda Pemprov Yogyakarta, dan Direktur Museu do Oriente membatik bersama.

Baca juga: Cerita Dea Valencia, Gandeng Difabel untuk Membangun Batik Kultur

Batik Yogyakarta menginjakkan kaki di Portugal melalui penyelenggaraan Festival Indonesia
2019 di Lisabon yang bertajuk Jogja Kota Batik Dunia.DOKUMENTASI KBRI LISBON Batik Yogyakarta menginjakkan kaki di Portugal melalui penyelenggaraan Festival Indonesia 2019 di Lisabon yang bertajuk Jogja Kota Batik Dunia.
Kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan penampilan tari yang menunjukkan hasil kreasi Batik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X