Kompas.com - 20/09/2019, 10:00 WIB
. VIA THINKSTOCK.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau ketiak tidak sedap tentunya sangat mengganggu. Tak hanya berdampak pada kepercayaan diri orang yang bersangkutan, tetapi juga bisa mengganggu orang sekitar.

Namun, jika ada seorang teman memiliki kondisi tersebut, seringkali kita merasa segan untuk menegurnya meski sebenarnya tidak nyaman berada di dekatnya.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan?

Psikolog Tara de Thouars memahami jika banyak orang Indonesia kesulitan menegur teman atau kerabatnya yang memiliki bau badan atau ketiak tidak sedap.

Ketika hubungan dengan orang tersebut sudah cukup dekat, menegur mungkin menjadi hal yang tidak sulit. Namun sebaliknya, jika relasi kita dan orang tersebut tidak terlalu dekat menegur langsung sepertinya menjadi hal yang tak mungkin dilakukan.

"Kalau hubungan sudah cukup dekat kita bisa terbuka langsung karena kalau menegur itu tanda kita peduli dengan dia," kata Tara pada peluncuran Rexona Dry Serum di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/9/2019).

Namun, menegur langsung kepada yang bersangkutan sebetulnya tidak disarankan. Misalnya, dengan menyampaikan bahwa "bau badanmu tidak enak" atau kalimat lugas lainnya.

Sebab, hal itu menurut Tara bisa membuat orang tersebut syok. Situasi tersebut justru bisa mengundang respons yang kurang baik, misalnya amarah.

Oleh karena itu, Tara menyarankan agar teguran disampaikan secara halus dan didahului dengan semacam kalimat pembuka.

"Misalnya, (bilang) aku tuh peduli banget sama kamu. Aku inginnya aku happy, kamu juga happy, dan seterusnya," kata dia.

Selain itu, kita juga bisa menegur dengan cara tidak langsung. Misalnya, menawarkan produk deodoran terbaru yang dianggap bagus.

"Bisa juga, 'eh aku pakai ini, enak banget coba deh'. Jadi secara enggak langsung kita kasih tahu juga ini sesuatu yang bagus dan berguna," ucapnya.

Baca juga: Chelsea Islan Pernah Hadapi Masalah Keringat Berlebih di Ketiak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.