Kompas.com - 01/10/2019, 12:29 WIB
G-Shock DW5000 salah satu produksi pertama jam tangan G-Shock di tahun 1983 yang didedikasikan untuk delapan orang dalam Project Team Tough. VIA Hodinkee.comG-Shock DW5000 salah satu produksi pertama jam tangan G-Shock di tahun 1983 yang didedikasikan untuk delapan orang dalam Project Team Tough.

KOMPAS.com - Salah satu hal terbaik dalam menciptakan jam tangan adalah bahwa produk yang tangguh dan melegenda tidak melulu memerlukan harga yang sangat mahal.

Ketika berbicara mengenai "juara" dalam soal gaya dan desain, serta harga yang relatif terjangkau, -mungkin, tidak ada arloji lain yang mendapatkan pengakuan dan antusiasme sebesar G-Shock.

Awalnya, jam tangan ini dirancang dan diperkenalkan oleh seorang teknisi di Casio, Jepang, Kikuo Ibe, pada tahun 1983.

Sejak saat itu pula, ciptaan Ibe ini telah menjadi inspirasi untuk banyak varian G-Shock yang seperti tak ada habisnya, sampai hari ini.

Baca juga: G-Shock-Neo Tokyo, Inspirasi dari Film-film Anime Futuristik Era 80an

Penemu G-Shock Kikuo Ibe.KOMPAS.com/GLORI K WADRIANTO Penemu G-Shock Kikuo Ibe.
Varian pertama yang dihasilkan Ibe di tahun 1983 adalah DW-5000, dengan ketangguhan berupa ketahanan hingga kedalaman 200 meter, dan tahan benturan hingga ketinggian 10 meter.

Ibe tidak sendiri. Ada sebuah tim yang membantunya untuk membangun dan menciptakan jam tangan tangguh tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tim bernama "Project Team Tough" G-Shock itu beranggotakan delapan orang. Nah, bagi mereka pula -kala itu, dibuatkan arloji edisi khusus.

Bukan tak mungkin, jam itu kini menjadi arloji G-Shock yang paling langka di dunia.

Baca juga: Bahan Rapuh Kristal Safir Jadi G-Shock Tangguh di Tangan Kikuo Ibe

Perbedaan dengan varian yang beredar di pasaran, pada edisi spesial itu terdapat tulisan biru "Project Team Tough" pada sisi kiri bawah dial. 

Meskipun ada delapan buah yang dibuat di tahun 1983, namun hingga tahun 2016 lalu, hanya tersisa dua buah yang masih berfungsi.

Setidaknya hal itulah yang diakui Ibe dalam sebuah wawancara khusus dengan Jack Forster dari laman Hodinkee.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.